James Hetfield yang Sangat Kehilangan Ennio Morricone
James Hetfield (Instagram @metallica)

Bagikan:

JAKARTA - Frontman Metallica, James Hetfield memberikan penghormatan kepada Ennio Morricone. Komposer film legendaris itu mengembuskan napas terakhirnya pada usia 91 dalam sebuah pengumuman yang disiarkan Senin, 6 Juli kemarin.

Morricone, yang membuat scoring musik untuk 500 film - salah satunya yang paling terkenal adalah Spaghetti Westerns karya Sergio Leone - meninggal pekan lalu menyusul komplikasi yang dideritanya akibat terjatuh.

Salah satu komposisinya yang paling terkenal Ecstasy Of Gold, dari soundtrack film The Good The Bad And The Ugly, telah digunakan Metallica sebagai musik intro panggung mereka sejak tahun 1983.

Saat tampil di Jakarta pada tahun 2013 lalu, Hetfield dkk juga mengawali konsernya dengan komposisi megah ini. Sebelum menghajar panggung dengan Hit The Lights dari album debut Kill 'Em All.

Menulis di Instagram Metallica, Hetfield mengatakan: “Hari pertama kami memutar Ecstasy of Gold sebagai intro baru kami pada tahun 1983 itu adalah keajaiban! Itu telah menjadi bagian terpisah dari aliran darah kami, tarikan napas yang dalam, benturan kepalan tangan, doa dan ritual pra-pertunjukan band sejak saat itu.

“Saya telah menyanyikan melodi itu ribuan kali untuk menghangatkan tenggorokan saya sebelum naik panggung. Terima kasih Ennio telah memompa semangat kami, menjadi bagian besar dari inspirasi kami, dan ikatan antara band, kru, dan penggemar. Saya akan selamanya menganggap Anda sebagai bagian dari keluarga Metallica."

Dalam postingan terpisah, Metallica mengatakan: "R.I.P. Ennio Morricone. Karier Anda legendaris, komposisi Anda abadi. Terima kasih telah mengatur suasana untuk begitu banyak acara kami sejak tahun 1983."

Kematian Morricone juga memicu penghormatan dari seluruh dunia musik dan film. Portishead, Orde Baru, dan Edgar Wright merupakan tiga dari banyaknya pelaku seni yang memberi penghormatan kepada sang komposer.