James Hetfield Merasa Terhormat Mobilnya Dipajang di Peterson Automotive Museum
James Hetfield (Twitter @papahetfield81

Bagikan:

JAKARTA - Tahun lalu, pentolan Metallica James Hetfield menyumbangkan koleksi mobilnya ke Petersen Automotive Museum di Los Angeles. 

Hetfield selalu menjadi seorang pria mobil. Ia menggambarkan, dirinya memandang mobil dengan cara yang sama ia memandang musik: sebagai bentuk kebebasan dan ekspresi yang menyampaikan hasrat pencipta mereka.

Meski dikenal sebagai co-founder, penulis lagu, penyanyi dan gitaris untuk band heavy metal Metallica, Hetfield juga mendapat pengakuan di dunia otomotif untuk koleksi kendaraan uniknya. 

Jika sebagian besar kolektor memperoleh kendaraan dengan membeli contoh-contoh yang sudah ada sebelumnya, Hetfield memilih untuk membangunnya dari awal, menyalurkan kreativitas yang sering diperuntukkan bagi musiknya ke dalam produksi patung bergulir.

Berbicara kepada MotorTrend tentang keputusannya untuk menyumbangkan mobil, Hetfield mengatakan: "Saya memiliki visi untuk tidak harus merawat mobil-mobil ini lagi karena pada suatu saat... ketika saya memiliki mobil ini, pada titik tertentu mereka memiliki saya. Dibutuhkan banyak waktu dan upaya untuk menjaga hal-hal ini dan berjalan, dan dalam kondisi baik, mereka akan dilelang atau disumbangkan atau sesuatu. Maka itu benar-benar terjadi.

"Saya sangat bersyukur bahwa Museum Petersen dapat mengambil koleksi dan menyimpannya bersama-sama. Itulah satu hal yang saya benar-benar kecewa, fakta bahwa jika mereka pergi ke pelelangan dan mereka semua pergi ke tempat yang berbeda mereka tidak akan hidup bersama lagi, dan itu tidak akan menjadi koleksi. 

"Saya pikir ada berita untuk mereka, dan mereka menawarkan untuk mengambil koleksi. Saya terpacu. Sejauh prestise Museum Petersen, dan koleksi saya berada di sana, itu suatu kehormatan besar. Ya sungguh."

Ditanya apakah dia merindukan mobil itu, Hetfield berkata: "Saya bisa melihat mereka setiap hari di buku saya, bung. Ya, saya rindu mengendarai mobil tertentu dan berada di sekitar mereka tetapi, Anda tahu, mereka melayani tujuan mereka." 

Sementara itu, di antara mobil-mobil yang dipamerkan di Reclaimed Rust: The James Hetfield Collection adalah Voodoo Priest, Lincoln Zephyr '37, roadster  Auburn '36 bernama Slow Burn, Delahaye yang terinspirasi Packard '34, sebuah Ford '36 berbalut logam bernama Iron Fist, truk pickup Ford F-100 '56 berwarna ungu dan Skyscraper, serta Buick Skylark 1953 edisi Hetfield.

Sebuah buku tentang mobil-mobil Hetfield, Reclaimed Rust: The Four-Wheeled Creations Of James Hetfield, dirilis pada 28 Juli melalui Insight Editions. Dalam buku itu, Hetfield membuka garasinya untuk tur eksklusif menyoroti koleksi luar biasa dari mobil klasik kustomnya yang telah direstorasi.