The Killers Investigasi Kasus Pelecehan Seksual di Konser Mereka
The Killers (Instagram @thekillers)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang pengguna Twitter mengungkap pengalamannya menjadi saksi pelecehan seksual. Pada Rabu, 29 Juli, Chez Cherrie mengunggah sebuah utas tentang pelecehan seksual di konser band The Killers.

Pada tahun 2009, Cherrie, perempuan yang bekerja sebagai pekerja teknis suara dalam konser tersebut mendengarkan suara dari HT (handle transceiver) yang mengatakan “Hey guys, ada seorang perempuan di Dressing Room A. Tulis nama Anda di luar pintu… dan kami akan memanggil jika ini giliranmu.”

Lebih lanjut, ia terus mendengarkan nama demi nama melalui HT untuk giliran mereka masuk ke Dressing Room A. Sampai beberapa saat kemudian, ada pihak keamanan yang mengatakan, “Perempuan di Dressing Room A pingsan dan telanjang. Apakah ada yang ingin membantunya?” Namun alih-alih membantunya, mereka malah tertawa merespons pertanyaan tersebut.

Setelah mendengar kalimat itu, Cherrie merasa terpukul dan tidak kuat. Ia mengaku menangis semalaman di tempat tidur. “Seharusnya saya berbicara dengan perempuan tersebut. Seharusnya saya membelanya… dan menyakinkan ia baik-baik saja.”

Cherrie juga menaruh link menuju tulisan yang ia bagikan kepada Soundgirls pada 2015 serta link postingan blog-nya yang menceritakan secara lengkap di tahun 2018.

Ia mengatakan, tidak satu pun anggota The Killers yang terlibat dalam pelecehan itu. Namun ia menjelaskan, hanya Brandon Flowers, vokalis The Killers, yang berada di bus lain bersama istri dan anak-anaknya.

“Ia (Brandon) tidak menjadi bagian dalam insiden ini namun TIDAK MUNGKIN ia tidak tahu mengenai hal ini,” tulisnya.

Dilansir dari Pitchfork, perwakilan The Killers memberikan pernyataan resmi. Mereka menyebut The Killers tidak memiliki kru yang sama pada 2020 dengan 2009. “Mereka akan memulai investigasi mendalam mengenai staf pada tur sebelum dan saat ini.”

The Killers tidak segan membongkar perlakuan yang kurang etis jika itu terjadi di sekitar mereka. Maka dari itu, mereka akan memulai investigasi terkait hal ini. Saat itu, The Killers masih beranggotakan Brandon Flowers, Dave Keuning (vakum), Mark Stroemer, dan Ronnie Vannucci Jr.

Chez Cherrie pun merespons pernyataan pelantun When You Were Young itu. “Pada poin ini saya hanya menunggu untuk mendengarkan dari mereka. Mencari tahu bagaimana mereka mengatasi kasus ini.”