5 Ciri-Ciri Bayi Sedang Tumbuh Gigi, Simak ya Bunda
Ilustrasi (Victoria Borodinova/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Memasuki usia 4-7 bulan fase pertumbuhan gigi bayi akan segera di mulai. Di rentang usia tersebut gigi pertamanya akan muncul, dimulai dari dua gigi bawah paling depan, lalu dua gigi atas paling depan, dan sisa gigi lainnya menyusul. Waktu pertumbuhan gigi setiap bayi berbeda-beda, tetapi gejalanya sama semua. Sama-sama membuat Anda kelimpungan. Ini lima ciri-ciri bayi Anda sedang tumbuh gigi!

Sering rewel

Laju pertumbuhan gigi bayi sangat cepat, terutama di malam hari. Kalau bayi Anda sering terlihat rewel di usia 4-7 bulan, maka Anda bisa cek giginya. Mungkin saja sedang tumbuh gigi pertamanya. Rewel bayi akan lebih terasa di malam hari. Bersiap, ya!

Banyak mengeluarkan air liur

Sampai saat ini belum ada alasan atau penelitian yang menghubungkan pertumbuhan gigi bayi dengan jumlah air liurnya yang berlebihan. Namun dalam banyak kasus, jumlah produksi air liur pada bayi akan meningkat saat dia tengah tumbuh gigi. 

Suka menggigit

Tumbuh gigi membuat gusi bayi jadi terasa gatal. Untuk menghilangkannya, mayoritas bayi akan cenderung menggigit barang-barang yang ada di sekitarnya. Supaya kesehatannya terjaga, siapkan teether yang bersih dan aman untuk gigi bayi.

Susah makan

Kalau biasanya bayi Anda doyan mengisap ASI atau menyantap MPASInya, ketika giginya tumbuh maka kegiatan makannya akan berkurang. Si kecil jadi susah makan karena rasa tidak nyaman yang dialaminya di area mulut. Jangan panik, ya. Berikan bayi makanan yang mudah dicerna dan tidak membuatnya semakin kesakitan.

Sering menggaruk telinga atau menarik pipi

Rasa gatal dan tidak nyaman karena tumbuh gigi membuat bayi sering terlihat memegang telinga atau pipinya. Dia berusaha memberikan tanda kalau dia tengah merasa tidak nyaman, tetapi tangannya belum mampu menggapai gusi bagian dalam.