Mengapa Anak Perlu Mpasi di Usia 6 Bulan? Ini Dia Jawabannya
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Untuk mencapai tumbuh kembang optimal, anak perlu asupan nutrisi yang seimbang. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas kehidupannya di kemudian hari. Di usia 0-6 bulan, nutrisi anak bisa tercukupi dari Air Susu Ibu (ASI). Tapi setelah berumur 6 bulan keatas, ASI saja tidak cukup memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, seperti zat besi dan kalsium.

Zat besi berfungsi untuk pembentukan hemoglobin darah dan mencegah anemia. Sedangkan, fungsi kalsium adalah membantu pembentukan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan untuk otot, jantung, saraf, dan organ tubuh lainnya sehingga dapat berfungsi dengan baik.

Bu, tahukah Anda kalau bayi usia 6-12 bulan membutuhkan 11 mg zat besi per hari lebih tinggi dari kebutuhan anak berusia 1-3 tahun? Sementara ASI hanya mengandung 0.3 mg zat besi/harinya. Karena ASI tidak bisa mencukupi kebutuhan zat besi inilah makanya anak harus dilengkapi dengan MPASI. Pilihan MPASI pun harus seimbang nutrisinya.

Untuk perkenalan, Anda bisa memberikan MPASI yang bertekstur lembut dan berlanjut pada MPASI yang bertekstur kasar kemudian. Sebab anak mulai beradaptasi dengan makanan padat dan melatih keterampilan makan (Oromotor Skills). Anda bisa menjadwalkan pemberian MPASI pada anak yaitu tiga kali dalam sehari pada waktu pagi, siang, dan malam.

Seiring bertambahnya usia, Anda bisa selingkan makanan cemilan sebanyak dua kali sehari di luar jam makan utama, yaitu menjelang siang dan sore hari. Tapi, frekuensi dan porsi cemilan masing-masing anak tidak sama. Ada anak yang cukup diberi cemilan dua kali sehari, tapi ada juga yang lebih.

Dari ragam cemilan untuk anak, pilihlah cemilan yang mengandung zat besi dan kalsium. Dilansir dari laman Femina, Senin, 9 Agustus, dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals mengungkapkan bahwa cemilan organik tentunya terbuat dari bahan-bahan organik yang diproses secara alami. 

Makanan dari bahan organik dapat membantu menurunkan risiko gangguan pada kesehatan anak dalam jangka panjang. “MPASI berbahan organik bisa sebagai salah satu pilihan untuk anak, dimana MPASI organik tersebut berasal dari pertanian dan diproses secara alami dan natural sehingga baik untuk ekosistem, juga memiliki antioksidan yang lebih banyak bagi kesehatan,” tutur dr. Muliaman.