Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar, Kondisi Fisik Bumil Bisa Gambarkan Jenis Kelamin Bayi?
Ilustrasi ibu hamil(Unsplash/Suhyeon Choi)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ada bayak sekali mitos seputar kehamilan yang berseliweran. Salah satunya adalah ciri hamil anak perempuan dilihat dari pusar.

Mereka yang mempercayai mitos meyakini bentuk pusar ibu hamil dapat menggambarkan jenis kelamin bayi yang tengah dikandung.

Akan tetapi benarkah demikian? Apakah kondisi fisik ibu hamil bisa menggambarkan jenis kelamin bayi? Simak ulasannya berikut ini.

Mitos Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Jenis kelamin bayi menjadi satu dari sekian banyak hal yang membuat orang tua penasaran dan ingin menebaknya sebelum sang buah hari lahir. Tak sedikit orang tua yang percaya bahwa jenis kelamin bayi bisa dilihat dari bentuk pusar sang ibu.

Konon, bentuk pusar ibu hamil yang menjorok ke dalam menandakan sedang mengandung bayi perempuan. Sebaliknya, jika pusar terlihat menonjol keluar, maka bayi yang dikandung berjenis kelamin laki-laki.

Perubahan Bentuk Pusar pada Ibu Hamil

Dikutip VOI dari Healthline, Sabtu, 19 November 2022, perubahan pada pusar ibu hamil umumnya terjadi pada trimester kedua atau pada minggu ke 13-28 kehamilan.

Terkait hal ini, ada tiga macam perubahan bentuk pusar pada ibu hamil, antara lain:

  1. Bentuk Pusar Menonjol ke Luar

Hal ini terjadi karena ada dorongan pada perut akibat Rahim yang terus membesar sehingga menyebabkan pusar akan semakin terlihat menonjol ke luar. Kondisi ini kerap disalah artikan ibu hamil sedang mengandung bayi laki-laki.

Pusar yang menonjol keluar tidak perlu dikhawatirkan, karena ini adalah hal yang normal dan tidak berbaya.

Kendati demikian, Anda tetap perlu memeriksakan diri ke dokter ketika pusar menonjol ke luar, sekedar untuk memastikan bahwa tonjolan tersebut bukan hernia.

Asal tau aja, kehamian bisa menyebabkan hernia umbilikalis atau membuat hernia yang sudah ada sebelumnya menjadi lebih jelas.

  1. Bentuk Pusar Masuk ke Dalam

Sementara, bentuk pusar yang menjorok ke dalam menandakan bayi yang sedang tumbuh di dalam rahim, memberikan tekanan pada bagian dinding perut. Sehingga menyebabkan bentuk pusar tenggelam atau sering dikatakan masuk ke dalam.

Bentuk pusar yang menjorok ke dalam sering disalahartikan sebagai ciri hamil anak perempuan.

  1. Bentuk Pusar Rata

Selain kedua perubahan bentuk pusar di atas, ibu hamil juga berpotensi memiliki pusar yang rata dan terasa lebih kencang di kulit. Hal ini masih tergolong kondisi yang wajar, sebab pusar akan kembali pada bentuk yang semula ketika bayinya sudah lahir.  

Ciri Hami Anak Perempuan Dapat Dilihat dari Pusar?

ilustrasi hamil anak perempuan
Ilustrasi hamil anak perempuan (Jonathan Borba on Unsplash)

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pusar ibu hamil tidak bisa menggambarkan jenis kelamin bayi yang dikandung.

Asal tau saja, pusar adalah tempat tali pusat bergabung dengan janin. Tali pusat merentang dari janin ke plasenta untuk memasok janin dengan nutrisi dan oksigen.

Selain itu, tali pusat juga membawa limbah dari tubuh janin, sebab janin belum mampu mengeluarkannya sendiri.

Sampai saat ini, masih banyak ibu hamil yang percaya bahwa pusar mereka terhubung dengan sesuatu di perutnya. Tak sedikit yang mengira bahwa pusar mereka terhubung dengan rahim, plasenta, atau pusar bayinya sendiri.

Demikian informasi seputar ciri hamil anak perempuan dilihat dari pusar. Semoga bermanfaat!