Apa Saja Ciri-ciri Anak Tumbuh Gigi Geraham? Ini Daftarnya
Ilustrasi bayi tumbuh gigi (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Salah satu ciri-ciri anak tumbuh gigi adalah demam. Namun harus diketahui bahwa demam tak selalu berkaitan dengan tumbuhnya gigi pada anak-anak bayi.

Seperti diketahui, tumbuh gigi adalah sebuah kondisi di mana gigi anak bayi mulai menembus gusi (odontiasis). Tumbuhnya gigi pada gayi dikenal pula dengan sindrom teething yang ditandai dengan berbagai gejala.

Ciri-ciri Anak Tumbuh Gigi

Pertumbuhan gigi pada bayi umumnya dimulai sejak usia 5 atau 6 bulan dan berlanjut sampai usia bayi 2-3 tahun ke depan. Gigi yang tumbuh biasanya dimulai dari dua gigi seri di rahang. Setelah itu disusul gigi seri kedua bayi yang posisinya ada di samping gigi seri pertama.

Momen yang sering ditunggu oleh para orang tua adalah saat tumbuhnya gigi geraham karena saat gigi geraham muncul, bayi mulai lancar mengunyah makanan. Terkait pertumbuhannya, gigi geraham atas biasanya tumbuh saat bayi berusia 13-19 bulan. Sedangkan pertumbuhan gigi geraham bawah terjadi pada usia 14-18 bulan.

Meski pertumbuhan gigi geraham tidak terjadi di awal, gejala anak tumbuh gigi sudah terjadi saat bayi usia 5 atau 6 bulan. Berikut ini ciri-ciri bayi sedang tumbuh gigi.

  1. Sering Menangis

Gigi tumbuh akan menyebabkan peradangan gusi bayi sehingga wajar jika bayi menangis di fase pertumbuhan gigi. Namun tak semua bayi akan menangis saat tumbuh gigi, sehingga orang tua harus memastikan penyebab tangisan bayi.

  1. Produksi Air Liur Bertambah

Saat gigi mulai tumbuh, produksi air liur akan bertambah dan membuat bayi lebih sering ngeces atau ngiler. Para ibu bisa membersihkan air liur yang belepotan di area mulut untuk menjaga kebersihan. Selain itu membersihkan air liur yang berlebih saat pertumbuhan gigi mencegah pertumbuhan bakteri.

  1. Demam

Saat tumbuh gigi, anak memungkinkan mengalami demam. Namun, orang tua harus memastikan apakah demam yang dialami oleh anak disebabkan karena tumbuh gigi untuk mencegah hal yang tak diinginkan.

  1. Gusi Bengkak

Gusi bayi berpotensi bengkak saat pertumbuhan gigi karena desakan gigi yang muncul dari dalam gusi. Namun harus diketahui bahwa gusi bengkak tak melulu disebabkan karena pertumbuhan gigi. Anda bisa membawa buah hati ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. Susah Tidur

Peradangan pada gusi dan rasa sakit yang dirasakan bayi saat tumbuh gigi akan membuat buah hati susah tidur atau gampang terbangun. Tak perlu khawatir karena kejadian itu sangat normal terjadi.

  1. Sulit Makan

Tumbuh gigi juga membuat bayi jadi sulit makan hingga rewel. Ibu harus sabar mengahadapi bayi yang sulit makan karena tumbuh gigi. Lakukan konsultasi dengan dokter untuk meminta saran yang tepat.

  1. Suka Menggigit

Sensasi gatal akan dirasakan oleh bayi saat tumbuh gigi. Hal itu berdampak pada bayi yang suka menggigit. Bayi akan menggigit benda-benda di sekitarnya, terutama mainan yang ia pegang.

  1. Sering Memegang Pipi atau Telinga

Saat tumbuh gigi, bayi juga lebih sering memegang pipi atau telinga. Hal itu wajar karena bayi merasa tidak nyaman di area rahang. Agar kuku bayi tak menggores kulit pipi dan telinga, pastikan orang tua memotong pendek atau memakaikan sarung tangan longgar.

Itulah informasi terkait ciri-ciri anak tumbuh gigi. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.