Gigi Bungsu Tumbuh Miring Apakah Berbahaya?
Gigi Bungsu Tumbuh Miring (Gambar bestdentistinhouston)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Gigi seharusnya tumbuh tegak, tetapi itu tidak berarti semuanya berjalan sesuai rencana. Gigi bungsu, khususnya, sering mengalami kesulitan tumbuh dengan baik. Karena merupakan gigi terakhir yang tumbuh, gigi geraham lainnya telah terpasang dan seringkali tidak ada ruang tersisa. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang gigi bungsu yang tumbuh ke samping alias miring. Apa yang harus dilakukan ketika gigi bungsu tumbuh miring?

Bagaimana Gigi Bungsu Tumbuh, beberapa orang beruntung memiliki gigi bungsu yang lurus sempurna. Mereka memiliki cukup ruang di rahang mereka dan tidak ada masalah yang mengganggu keselarasan gigi di sekitarnya. Banyak orang lain yang tidak seberuntung itu. 

Ketika tidak ada cukup ruang di mulut, gigi bungsu bisa masuk secara horizontal dan berdampak. Ini berarti mereka tidak dapat menembus gusi untuk muncul sepenuhnya. Gigi bungsu yang "menyamping" ini sejajar dengan tulang rahang, dan dapat menyebabkan pembengkakan atau infeksi pada gusi. Plus mereka bisa sangat menyakitkan.

Yang Harus Dilakukan Jika Gigi Bungsu Tumbuh Miring 

 

Mencabut Gigi Bungsu

Jika cara gigi bungsu Anda tumbuh menyebabkan masalah, maka salah satu dokter gigi kami di Hillstream Dental kemungkinan besar akan menyarankan Anda untuk mencabutnya. Jika tetap berada di mulut Anda, kemungkinan infeksi gigi dapat berkembang. Gigi bungsu yang mengalami impaksi juga dapat memadati gigi tetangga dan membuatnya tidak sejajar. 

Tak satu pun dari ini adalah skenario yang ideal dan masing-masing dapat menimbulkan masalah tambahan. Misalnya, gigi bungsu yang tumbuh dengan buruk dapat membuat gigi Anda yang lain tetap kuat dan sehat menjadi lebih sulit, atau menciptakan kebutuhan akan perawatan ortodontik.

Apakah Gigi yang Tumbuh Secara Horizontal Harus Dicabut?

Setiap gigi bungsu yang terkena dampak harus dicabut, dan tidak boleh ada keraguan untuk melakukannya karena dapat menyebabkan masalah serius dalam jangka panjang. Jika menyangkut gigi bungsu yang terbentur secara horizontal, hal itu dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan.

Untuk menghilangkan gigi bungsu yang tumbuh ke samping, Anda perlu mencari bantuan dari dokter gigi bedah. Alasan untuk ini adalah lebih luas daripada pencabutan sederhana, dan Anda akan diberikan lebih dari sekedar anestesi lokal sehingga sesuatu yang tidak dapat dicapai oleh dokter gigi umum yang hanya mampu memberikan perawatan pencegahan dan pencabutan sederhana yang tidak memerlukan operasi mulut.

Jadi setelah mengetahui gigi bungsu tumbuh miring, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!