2 Tahun di London, Saatnya Patung John Lennon Pulang ke Liverpool
Patung John Lennon karya Laura Lian (Twitter @LauraLianArtist)

Bagikan:

JAKARTA - Menandai usia ke-80 tahun John Lennon - jika masih hidup - Oktober mendatang, patung ikon The Beatles itu akan dikelilingkan di Liverpool.

Laura Lian, yang menciptakan patung perunggu Lennon setinggi enam kaki, mengatakan, dia ingin patung itu dipajang di kota asal Lennon pada 21 September saat Hari Perdamaian Internasional.

Patung ini telah ditampilkan di Hard Rock Cafe London sejak Lian menyelesaikan pekerjaannya dua tahun lalu.

Tetapi dia sekarang meminta patung itu untuk berkeliling ke seluruh wilayah di Merseyside selama dua tahun ke depan.

"Dengan semua masalah di dunia tentang patung ... pandemi dan perselisihan, sangat tepat bahwa Lennon dapat kembali ke tempatnya semula. Bagi generasi saya yang tumbuh di tengah protes menentang perang Vietnam dan ancaman perang nuklir, Lennon adalah inspirasi dalam caranya mengilhami kami untuk memimpikan perdamaian," kata Laura kepada The Guardian.

“Saya selalu berniat agar patung itu memiliki rumah permanen di Merseyside dan pada satu tahap kelihatannya patung Lennon akan didirikan di daerah Strawberry Fields di Liverpool. Proyek itu gagal, tetapi ketika walikota metropolitan Merseyside, Steve Rotheram, menyarankan agar proyek itu naik di wilayah Sefton, saya pikir itu ide yang bagus. Setiap tahun sebuah wilayah di Merseyside dinominasikan sebagai wilayah budaya dan tahun ini giliran Sefton."

Dia menambahkan, patung ini sepantasnya pulang ke Liverpool menjelang peringatan 40 tahun kematian Lennon pada bulan Desember.

Terkait