7 Ragam Kondom yang Bikin Sensasi Bercinta Jadi Terasa Berbeda
Ilustrasi varian kondom (Pexels/Cottonbro)

Bagikan:

JAKARTA – Salah satu cara mengontrol kehamilan tak diinginkan adalah dengan memakai kondom. Manfaat bercinta memakai kondom juga mengurangi potensi tertular penyakit seks atau dikenal dengan melakukan safe sex.

Diantara sekian banyak produsen kondom, Anda dan pasangan perlu mengenali variasi setiap produknya. Ditulis Mayo Clinic dan dikutip VOI pada Sabtu, 18 September, bahan kondom juga perlu diperhatikan. Sebab ada bahan-bahan yang bagi seseorang dengan kulit sensitif bisa memicu iritasi.

Untuk mengetahui lebih lengkap, berikut variasi kondom yang bisa dipakai ketika bercinta.

1. Kondom ultra thin

Terbuat dari bahan latex, kondom yang sangat tipis ini bisa jadi pengaman. Berdasarkan klaim produsennya, kondom ultra thin memberi sensasi seperti tidak memakai kondom karena sangat tipis. Nah, meskipun tipis, kondom ini diformulasikan tidak mudah bocor atau robek.

2. Kondom rasa

Ada berbagai tawaran rasa yang diproduksi merek-merek kondom, mulai dari buah-buahan, pisang, stroberi, apel, jeruk, nanas, cokelat, vanilla, hingga soda. Untuk variasi kondom rasa-rasa, umumnya digunakan bila pasangan ingin melakukan oral seks.

3. Kondom bertekstur

Varian kondom bertekstur dibuat bukan tanpa alasan. Tujuannya untuk mendapatkan kesenangan bagi setiap orang ketika bercinta dengan pasangannya. Tekstur, gerigi, dan tonjolan pada kondom membantu mencapai orgasme maupun ejakulasi.

4. Kondom hangat

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana bisa suhu diatur oleh selembar kondom. Tetapi karena dilengkapi dengan pelumas yang memberikan sensasi hangat ketika memakainya, maka disebut sebagai kondom hangat.

5. Kondom yang memendarkan cahaya

Segala macam variasi untuk menciptakan sensasi, terutama agar bercinta tidak begitu-begitu saja, maka diformulasikanlah kondom glow in the dark.

Ketika bercinta dalam ruangan yang temaram, penis yang memakai kondom bisa terlihat menyala. Jika ingin bercinta dan bersenang-senang bersama pasangan, variasi kondom glow in the dark diformulasi memiliki 3 lapisan. Bahan paling luar yang menyentuh selaput vagina saat penetrasi terbuat dari latex.

6. Kondom warna-warni

Tidak hanya suhu, tekstur, rasa, dan cahaya yang membuat kondom jadi variatif. Kondom dengan aneka warna juga bisa dibeli di apotik, swalayan, dan supermarket terdekat. Biasanya produsen memasarkan warna sesuai tema, misalnya ketika hari Valentine akan dipasarkan kondom berwarna merah muda.

7. Kondom berbahan poliuretan

Selain berbahan latex, ada pula kondom yang dibuat berbahan poliuretan. Ini bisa jadi alternatif jika mengalami elergi terhadap kondom lateks. Keunggulan kondom berbahan poliuretan ialah terbuat dari plastik sintetis yang tidak berbau, lebih tipis, dan tidak mudah bocor atau robek. Tetapi kondom dengan bahan ini kurang elastis dibanding yang berbahan lateks.