Clifford V. Johnson, Penasihat Ilmiah Untuk Film <i>Time Travel</i>
Potongan adegan Palm Springs (Hulu)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah film membutuhkan penasihat untuk mengevaluasi cerita sekaligus adegan yang dipakai. Film komedi romantis Palm Springs ternyata memiliki penasihat ilmiah mengenai cerita mereka.

Palm Springs menceritakan Nyles (Andy Samberg) dan Sarah (Cristin Milotti) yang bertemu di sebuah pesta pernikahan. Setelah merayakan pernikahan sang kerabat, mereka menyadari mereka terbangun di waktu yang sama - di hari pernikahan tersebut. Hal ini terjadi berulang kali sampai mereka terjebak di putaran waktu.

Clifford V. Johnson adalah orang di balik berjalannya cerita Palm Springs. Ia bukan penulis skripnya melainkan penasihat ilmiah dari National Academy of Science. Dalam hal ini, ia dibutuhkan untuk membuat time travel adalah sesuatu yang dapat dipercaya.

“Tidak hanya kami tidak punya pikiran jika time travel ke masa lalu memungkinkan, semua fisika yang kami pahami saat ini menyatakan itu tidak mungkin,” kata ilmuwan kelahiran 5 Maret 1968 ini dilansir dari Indiewire.

Dalam cerita Palm Springs, Nyles dan Sarah melihat ada gurun di dekat tempat pernikahan berlangsung yang membuat perputaran waktu terus berjalan. Ide mengenai gurun di dekat tempat tersebut merupakan imajinasi yang diselipkan Johnson.

Menjadi penasihat ilmiah, perlakuan Johnson terhadap film menjadi berbeda. Jika Palm Springs menggunakan gurun, ia membuat kemampuan menormalisasi untuk adegan berbicara dengan alien dalam film Arrival.

Selain Arrival dan Palm Springs, ada Avengers: Endgame, Infinity War, The Martian, Interstellar, dan masih banyak lainnya.

“Mereka (pembuat film) ingin menjadikan time travel sebagai inti dari film. Jadi pertanyaannya adalah rasa apa yang ingin mereka gunakan? Saya mencoba membantu mereka mengenai sains secara asli dan kebutuhan untuk konsistensi.”

Melihat imej seorang ilmuwan yang terlihat lugu dengan jubah putih dan kacamata, Johnson mencoba gambaran berbeda dalam Palm Springs. Ia merasa senang karena ini menunjukkan tampilan ilmuwan yang berbeda dari film lainnya. Penonton bisa menyaksikannya dalam film Palm Springs yang sudah dirilis di Hulu.