Pemain <i>Fantastic Beasts</i> dan Rentetan Kontroversinya
Johnny Depp dalam film Fantastic Beasts (Warner Bros)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam pembuatan sebuah film, ada saja permasalahan yang mengiringi. Ini bukan hal yang baru dalam industri perfilman. Namun, bagaimana jika film belum dibuat tetapi sudah dihadapkan dengan sejumlah kontroversi? Franchise dari Harry Potter, Fantastic Beasts tengah menjadi sorotan karena hal ini.

Sekuel yang tidak terhitung sukses dibandingkan seri pertamanya sudah cukup bagi Warner Bros untuk tetap melanjutkan kisah film ini. Tetapi, dengan adanya tiga bintang yang terseret kasus membuat rumah produksi dihadapkan dengan sejumlah kontroversi.

Pertama, ada Johnny Depp, pemeran Gellert Grindelwald yang tengah menjalani proses hukum terkait kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang diklaim oleh mantan istrinya, Amber Heard. Depp membantah tuduhan tersebut di sidang pertama.

Depp yang mengaku peminum berat tidak pernah menyerang mantan istrinya. Sebaliknya, pemeran Mera dalam film Aquaman menyerang Depp dalam sebuah rekaman yang bocor.

Lalu Ezra Miller, pemeran Credence Barebone dalam Fantastic Beasts dirundung kecaman sosial setelah terlihat mencekik seorang penggemar di Islandia. Diawali dengan candaan, Miller malah merespons sang penggemar dengan mencekik hingga menjatuhkannya ke lantai.

Dikenal sebagai aktor yang ramah, perlakuan Miller menimbulkan respons negatif di kalangan penggemar khususnya penyuka Fantastic Beasts. Sejak saat itu, aktor ini belum mengkonfirmasi hal apapun terkait video yang menampilkan dirinya di internet.

Penulis skrip Fantastic Beasts, J.K Rowling juga dihadapkan dengan kontroversi setelah pernyataannya terkait kaum transgender. Pernyataan itu bahkan dibalas oleh Daniel Radcliffe, pemeran Harry Potter.

Memiliki konteks yang berbeda, justru tiga kasus ini menjadi poin mengingat ketiganya adalah bintang kenamaan. Dengan turunnya penjualan di sekuel Fantastic Beasts (654 dolar Amerika Serikat), bukan berarti ke depannya penjualan tiket bisa kembali tinggi.

Di sisi lain, rumah produksi akan rugi besar jika mereka memutuskan waralaba Fantastic Beasts di pertengahan cerita. Film ketiga dijadwalkan tayang pada 2021, namun hingga saat ini syuting belum dimulai kembali karena pandemi COVID-19.

Melihat kontroversi dan proses syuting yang belum dilanjutkan, sepertinya sulit menantikan bagian ketiga Fantastic Beasts. Hingga saat ini, rumah produksi Warner Bros juga belum menuturkan pendapatnya terkait tiga kontroversi yang menimpa tiga bintang mereka.