Apple Akuisisi Film Emancipation Milik Will Smith dengan Harga Fantastis
Will Smith dalam dokumenter Dads (Apple TV)

Bagikan:

JAKARTA - Pertarungan layanan streaming dengan layar lebar mulai muncul ke permukaan. Kali ini, ada Apple yang berhasil memenangkan hak siar film Emancipation dari sejumlah rumah produksi yakni Warner Bros, Lionsgate, MGM, dan Universal.

Dibintangi Will Smith, film Emancipation ditawar berbagai rumah produksi setelah masuk ke pasar penjualan Cannes. Apple berhasil membeli film ini dengan harga fantastis yaitu lebih dari 120 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Setelah dimasukan ke pasar Cannes, sebanyak 7 perusahaan menawar penayangan film Emancipation. Saat penawaran sampai di 75 juta dolar, hanya tersisa Apple dan Warner Bros yang bertahan.

Namun, Warner Bros berhenti menawar setelah Apple memasang harga di atas 100 juta. Film yang disutradarai oleh Antoine Fuqua ini menjadi film dengan pembelian terbesar dalam sejarah perfilman.

Emancipation adalah film yang mengisahkan budak yang melarikan diri bernama Peter yang pergi ke Union Army saat Perang Sipil. Foto-foto perang yang diambil oleh Peter menunjukkan bekas luka di punggung yang dirilis pada 1863 sebagai bentuk kekejaman perbudakan.

Meskipun telah dibeli oleh Apple, namun produksi baru dilakukan pada awal tahun 2021. Emancipation diproduseri Westbrook Studios, McFarland Entertainment, Escape Artists.

Di samping itu, kerja sama Will Smith dan Apple juga menjadi kerja sama terbaru setelah Apple menjadi tempat penayangan film dokumenter Dads di mana Will menjadi salah satu bintangnya.

Apple mulai memproduksi film untuk memperkuat layanan Apple TV. Sebelum Emancipation, ada film Greyhound yang dibintangi Tom Hanks dan akan tayang pada 10 Juli mendatang di Apple TV.