Kerap Tak Disadari, Karena 9 Faktor Ini Orang Bisa Saling Jatuh Cinta
Ilustrasi dua orang saling jatuh cinta (Pexels/Bethany Ferr)

Bagikan:

JAKARTA – Hubungan berpasangan yang harmonis kerap tak disadari terjalin karena beberapa faktor. Mulai dari karena terbiasa, punya kesamaan, hingga karena suatu hal yang misterius. Apabila direfleksikan, Berit Brogaard D., M.Sci., Ph.D, dalam penelitiannya memaparkan sejumlah faktornya.

Secara umum, Brogaard memaparkan berdasarkan bidang yang didalaminya di Multisensory Research, Universitas Miami. Dilansir Psychology Today, Jumat, 10 September, berikut pemaparan tentang faktor dan hal apa saja yang membuat dua orang manusia bisa saling jatuh cinta.

1. Punya kesamaan

Hal paling klise adalah persamaan keyakinan. Sedangkan pada tingkat yang lebih personal, dua orang manusia yang mempunyai kepribadian dan cara berpikir yang sama bisa jadi alasan hati terpikat.

2. Keakraban

Faktor kedua, jika sepasang manusia sering menghabiskan waktu bersama, memikirkan satu sama lain, dan saling berinteraksi maka jatuh cinta adalah hal paling umum yang menjadi faktor untuk jatuh cinta.

3. Kesesuaian karakter

Yang paling kelihatan adalah karakter fisik. Jika sesuai dengan yang diinginkan atau dibayangkan, maka tak jarang akan langsung menaruh hati atau saling berkenalan.

4. Pengaruh sosial atau berada pada situasi yang sama

Ketika berada dalam satu lingkungan sosial, maka interaksi, dan saling tukar perasaan bisa lebih besar kesempatannya. Yang sebaliknya juga memengaruhi, misalnya ketika seseorang baru masuk dalam jaringan sosial tertentu bisa jadi faktor tumbuhnya benih-benih cinta.

5. Memenuhi kebutuhan

Jika pemenuhan kebutuhan seperti cinta, pertemanan, seks, finansial, rasa aman, dan nyaman didapatkan dari seseorang maka jatuh cinta sulit bisa dihindari.

6. Tumbuh gairah yang tak masuk akal

Berada di lingkungan yang tidak biasa kadang menantang dan memicu gairah. Lingkungan tersebut kerap menjadi tempat paling strategis untuk merasakan cinta. Intinya, jika merasa selalu tertantang dan selalu belajar beradaptasi membuat seseorang terpacu menemukan tambatan hati.

7. Kesiapan

Cinta sulit dijelaskan dalam satu kalimat, tetapi dalam emosi dan perasaan di mana cinta tumbuh akan didorong oleh kesiapan. Apabila seseorang tak siap untuk jatuh cinta, maka keraguan dan rasa enggan yang akan dirasakan.

penyebab timbulnya rasa cinta
Ilustrasi pasangan berpegangan tangan (Pexels/Marcus Aurelius)

 

8. Kondisi terisolasi

Sering bersama orang yang sama dan jarang bertemu orang lain? Ini bisa membuat tingkat ketertarikan meningkat. Kondisi ini juga berkontribusi bikin saling ‘ketagihan’ atau merasa ada yang kurang jika tidak bersama pasangan Anda.

9. Misterius

Faktor terakhir yang paling misterius. Sebab ketidakpastian juga membuat seseorang jadi semakin penasaran, sering kepikiran, melahirkan pertanyaan-pertanyaan, hingga melakukan upaya supaya cinta semakin tumbuh.