Eks Gitaris GN'R Lepas Lagu Tunggal <i>The Gospel Truth</i>
Gilby Clarke (Instagram @gilbyclarke)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan gitaris band rock Guns N' Roses, Gilby Clarke meluncurkan lagu tunggal (single) terbaru bertajuk The Gospel Truth. Ini merupakan single kedua dari album mendatang yang berjudul sama. 

Melansir siaran pers resminya, The Gospel Truth adalah tentang konsep kebenaran hari ini. Yang benar adalah apa pun yang dikatakan seseorang dengan lantang, tidak ada yang bertanggung jawab dan membingungkan. 

Merefleksikan pada pengasuhan dalam gereja Katolik, Gilby Clarke menyentuh pada gagasan bahwa kejujuran seharusnya tidak datang dari ketakutan, dan mendorong pendengar untuk berani, mengatakan apa yang kita maksud, dan berarti apa yang kita katakan.

Albumnya sendiri akan dirilis akhir tahun ini melalui Golden Robot Records. Rekaman ini diproduksi dan ditulis oleh Gilby Clarke di studio rekamannya di Los Angeles, Redrum Recording, di mana dia juga membuat rekaman untuk artis seperti L.A. Guns, The Bronx, Beat Angels, Bullets And Octane dan banyak lagi. 

Album ini di-mixing oleh pemenang Grammy Award Chris Lord-Alge dan di-mastering oleh Maor Appelbaum. Bergabung dengan Gilby Clarke dalam album ini antara lain Muddy Stardust pada bass, Kenny Aronoff (John Mellencamp, John Fogerty, Chickenfoot) pada drum, bersama Matt Starr (Ace Frehley, Mr. Big) dan Chad Stewart (Faster Pussycat, L.A. Guns) pada vokal latar.

Dalam sebuah wawancara yang dilansir dari Blabbermouth, Gilby Clarke mengungkap tentang kandungan album The Gospel Truth.

"Saya tidak berpikir itu sangat berbeda sama sekali (dengan album sebelumnya). Saya telah menemukan musik yang saya sukai sebagai seorang seniman dan seorang musisi. Sangat penting bahwa saya menjadi lebih baik dalam hal itu dan mencoba hal-hal baru, tetapi saya suka rock and roll, dan gitar yang keras baik untuk jiwa," jelas Gilby Clarke.

Mantan vokalis/gitaris Kill For Thrills ini juga membahas proses penulisan lagunya, dengan mengatakan: "Saya selalu mulai dengan riff gitar, lalu menambahkan pukulan drum yang keras. Ini bagus ketika Anda dapat menambahkan lirik yang menarik juga. Saya selalu mencoba menemukan cara baru untuk mengatakan sesuatu secara sederhana. Saya tidak suka menyulitkan lirik saya, tetapi saya juga tidak pernah menduplikatnya."

Pada acara NAMM tahun lalu di Anaheim, California, Gilby Clarke bercerita tentang tertundanya proses penggarapan album solonya: "Bagi saya, saya tidak bisa membuat rekaman kecuali saya merasa nyaman dengan lagu-lagunya. Saya ingin membuat rekaman yang ingin saya dengarkan, Jadi, saya sangat bersemangat dengan lagu-lagu in, itu lagu-lagu baru, benar-benar rock klasik, benar-benar tidak ada yang baru di dalamnya - itu hanya versi baru dari apa yang saya suka lakukan, yang gitarnya sangat keras, bung. Jadi, saya masuk ke sana. Saya menggunakan orang-orang seperti Kenny Aronoff pada drum, Steve Perkins - beberapa pemain hebat. Saya memainkan semua gitar dan melakukan semua part vokal. Tapi saya pikir itu bagus - saya pikir itu pendekatan baru yang bagus pada rock klasik, sungguh."

April lalu, Gilby Clarke merilis video musik resmi untuk single sebelumnya, Rock N Roll Is Getting Louder. Klip yang disutradarai Christopher C. Pearson diambil di Palmdale, California, dan pusat kota Los Angeles, sementara rekaman penampilan band direkam di klub Hollywood Oh My Ribs!

Anggota band live Gilby Clarke, yakni EJ Curse (Silent Rage, White Lion) dan drummer Jimmy D'Anda (Bulletboys, George Lynch) keduanya muncul dalam video, bersama dengan penampilan singkat dari Slim Jim Phantom (Stray Cats), Taime Downe (Faster Pussycat), Jimmy Herald (Hillbilly Herald) dan Teddy "Zig Zag" Andreadis (Guns N' Roses, Carole Raja, Chuck Berry, Bo Diddley, Alice Cooper).

Sedikit mundur ke belakang. Gilby Clarke menggantikan gitaris pendiri Guns N' Roses, Izzy Stradlin pada tahun 1991 selama tur Use Your Illusion. Ia bertahan bersama band selama tiga tahun setelah ikut dalam rekaman album The Spaghetti Incident?

Setelah keluar dari Guns N' Roses, Gilby Clarke melanjutkan karier sebagai produser dan artis solo. Ia juga bermain bersama Slash's Snakepit, Rock Star Supernova, Heart, dan banyak lagi.

Gilby Clarke merilis album solo debutnya, Pawnshop Guitars, pada tahun 1994.