Peter Gabriel Umumkan Tanggal Rilis dan Detail Album <i>i/o</i>
Peter Gabriel (Instagram @itspetergabriel)

Bagikan:

JAKARTA - Eks vokalis Genesis, Peter Gabriel mengumumkan detail album barunya, i/o, koleksi materi baru pertamanya dalam lebih dari 20 tahun.

Album berisi 12 lagu ini akan dirilis pada 1 Desember, tersedia dalam dua jenis mixing stereo dalam format CD dan piringan hitam.

Sepanjang tahun 2023, Gabriel telah merilis lagu baru setiap kali ada bulan purnama, dan dia telah memainkan pertunjukan di seluruh Inggris, Eropa, dan Amerika Utara.

“Setelah rilis selama bertahun-tahun di bulan purnama, saya sangat senang melihat semua lagu baru ini kembali berkumpul dalam kapal i/o yang bagus dan siap untuk perjalanan mereka ke dunia luar,” kata Gabriel dalam keterangannya.

Album i.o direkam di Real World Studios milik Gabriel di dekat Bath. Bersama Gabriel, album ini menampilkan kontribusi reguler dari gitaris David Rhodes, bassis Tony Levin dan drumer Manu Katché.

Ada juga rekaman Soweto Gospel Choir dan paduan suara pria Swedia Oprhei Drängar, sementara beberapa lagu, menurut siaran pers, “memiliki sidik car” Brian Eno.

Album terakhir Gabriel dengan materi baru adalah Up tahun 2002, meskipun sejak itu ia telah merilis Scratch My Back (2010), sebuah album versi cover, dan New Blood (2011), yang terdiri dari rekaman ulang orkestra dari lagu-lagu dari sepanjang kariernya.

Salah satu rekaman bulan purnama yang disertakan dalam i/o adalah Four Kinds of Horses yang dirilis pada bulan Mei. Lagu ini menampilkan putri Gabriel, Melanie, sebagai vokalis latar dan Eno (synthesizer).

Lagu lain yang dirilis sebelumnya antara lain Pantopticom dan The Court.