Peter Gabriel Rilis Single Pertama Sejak 2016, <i>Panopticom</i>
Peter Gabriel (Instagram @itspetergabriel)

Bagikan:

JAKARTA - Peter Gabriel merilis single pertama dalam tujuh tahun, Panopticom. Lagu ini akan dimasukkan ke dalam album solonya yang akan datang i/o.

Mantan vokalis Genesis itu bekerja sama dengan Brian Eno, bassis Tony Levin, drumer Manu Katché, dan gitaris David Rhodes untuk lagu tersebut.

Ditulis dan diproduseri oleh Gabriel, Panopticom direkam di Real World Studios di Wiltshire dan The Beehive di London.

"Lagu pertama didasarkan pada ide yang telah saya kerjakan untuk memulai pembuatan dunia data yang dapat diakses tanpa batas yang dapat diperluas: The Panopticom," kata Gabriel mengenai single tersebut, Minggu, 8 Januari.

"Kami mulai menghubungkan sekelompok orang yang berpikiran sama yang mungkin dapat mewujudkannya, untuk memungkinkan dunia melihat dirinya dengan lebih baik dan lebih memahami apa yang sebenarnya terjadi," lanjut Gabriel.

Berbicara kepada NME pada Mei lalu, Gabriel juga mengungkap: “Saya punya banyak lagu yang saya coba selesaikan. Saya berharap bisa mengeluarkan sesuatu pada akhir tahun ini.”

Sementara itu, menurut siaran pers resminya, "Panopticom telah dirilis pada bulan purnama dan lagu-lagu mendatang dari album studio ke-10 nya juga akan keluar pada malam bulan purnama."