Didukung Lucasfilm, Aktor <i>Star Wars</i> John Boyega Ikut Protes Kematian George Floyd
John Boyega (Twitter @starwars)

Bagikan:

JAKARTA - Pemain film Star Wars, John Boyega ikut melakukan protes Black Lives Matter di London. Sebagai aktor berkulit hitam, dirinya memiliki kuasa untuk menyuarakan isu tersebut lebih besar. Dalam sejumlah unggahan, ia berbicara di kerumunan Hyde Park bersama para demonstrator pada Rabu 3 Juni.

“Saya tidak tahu apakah saya akan memiliki karier setelah ini, persetan dengan itu. Ini adalah momen di mana kita adalah representasi fisik dari mentalitas, ide bahwa orang berkulit hitam hidup lebih penting (Black Lives Matter)”

Dalam pidatonya, ia mengatakan hak untuk hidup dengan sehat dan seimbang. Tentunya penting bagi seluruh lapisan agar bersatu secara pikiran dan jiwa. Dari foto dan video yang tersebar, terlihat Boyega sangat emosional ketika mengutarakan perkataannya.

“Kami tidak tahu apa yang George Floyd bisa raih; kami tidak tahu apa yang Sandra Bland bisa dapatkan. Tetapi hari ini kami yakin kami tidak akan mengasingkan mereka yang muda.”

"Saya ingin kalian paham betapa sakitnya hal ini. Saya ingin kalian paham betapa sakitnya diberitahu setiap hari bahwa ras-mu tidak berarti apa-apa,"

John Boyega

Aktor kelahiran 17 Maret itu mengatakan kalimat tersebut dengan teriak hingga menangis.

John Boyega juga meminta masyarakat untuk menjalan protes dengan tenang agar protes berjalan lancar. Rasa haru mengakhiri perkataan singkat John Boyega.

Selain apresiasi, dukungan juga dinyatakan oleh Disney dan Lucasfilm, rumah produksi film Star Wars melalui situs dan media sosial-nya.

Dalam pernyataan resminya, Lucasfilm menyatakan “Lucasfilm berdiri bersama John Boyega dan pesannya bahwa, “Sekarang adalah waktunya. Hidup orang kulit hitam selalu berarti. Hidup orang berkulit hitam selalu penting. Hidup orang berkulit hitam selalu berarti sesuatu.

"Kejahatan yaitu rasisme harus berhenti. Kami akan komit menjadi bagian dari perubahan yang lama tertunda di dunia. John Boyega, kamu adalah pahlawan kami.”