Louie dan Elmo <i>Sesame Street</i> Menginspirasi Era Baru Perlawanan Rasisme: Edukasi Sejak Dini
Louie dan Elmo (Sumber: IMDB)

Bagikan:

JAKARTA - Kematian George Floyd terus menginspirasi. Gelombang solidaritas dan perlawanan terhadap rasisme serta brutalitas polisi terbentuk di berbagai negeri. Louie, ayah Elmo, tokoh boneka dalam serial televisi Sesame Street turut bicara. Apa yang dilakukan Louie barangkali bisa menginspirasi orang tua di dunia untuk mendidik anak-anak mereka dengan nilai toleransi dan kesetaraan.

Dalam sebuah episode spesial berjudul Coming Together: Standing Up To Racism, CNN bekerja sama dengan Sesame Street untuk memberikan ruang diskusi terkait rasisme dan gerakan solidaritas terhadap Floyd yang mengalir di seluruh dunia, terutama Amerika Serikat (AS). Dalam episode itu, Louie menjelaskan apa itu rasisme dan gerakan "Black Lives Matter".

Selain Louie, episode sepanjang satu jam itu menampilkan sejumlah karakter Sesame Street lain, seperti Elmo, Abby Cadabby, dan Rosita. Para boneka duduk bersama ahli untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh keluarga-keluarga.

Dilansir Metro.co.uk, dijelaskan, program televisi digelar untuk mengedukasi anak-anak dunia, khususnya di AS, tentang apa itu rasisme dan kenapa orang-orang turun ke jalan untuk kematian Floyd. Episode ini dibicarakan, menuai pujian di mana-mana.

Elmo, seperti anak berusia tiga tahun lain jelas tak memahami bagaimana rasisme terjadi di Negeri Paman Sam. Padahal, masalah rasisme sangat melekat dengan situasi sosial negeri.

Dalam sebuah adegan, Elmo bertanya kepada Louie: Ayah, Elmo tidak mengerti, apa yang terjadi? Mengapa semua orang ini bersama?

"Mereka berkumpul untuk memprotes," jawab Louie. "Protes adalah ketika orang berkumpul untuk menunjukkan bahwa mereka kesal dan tidak setuju tentang sesuatu. Mereka ingin membuat orang lain sadar akan masalah ini. Dengan demonstrasi, orang-orang dapat berbagi perasaan mereka dan bekerja bersama untuk memperbaiki keadaan,” tambahnya.

“Mereka terlihat sedih, apakah mereka kesal?” pertanyaan lanjutan dari Elmo.

"Ya dan mereka berhak menjadi Elmo," jelasnya. ‘Mereka kesal karena rasisme adalah masalah besar di negara kita. Rasisme adalah ketika orang memperlakukan orang lain secara tidak adil karena penampilan atau warna kulit mereka.

Edukasi dini ini sempat disoroti banyak pemrotes, termasuk bintang Star Wars, John Boyega yang turun langsung ke jalanan. Selain itu, bintang Bayern Munchen, David Alaba, yang lewat akun Instagramnya mengatakan, "Tak ada anak yang terlahir rasis. Maka, didiklah anak kita berdasar cinta pada sesama. Sistem rasis dapat dilawan dengan edukasi."