Bunda, Yakin Anak Sudah Bahagia? Perhatikan Tandanya
Ilustrasi (Pixabay/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Setiap orang tua tentu ingin anaknya selalu bahagia. Meski tidak mudah, orangtua tetap berusaha dengan caranya masing-masing untuk membuat si kecil bahagia. Anak yang bahagia juga menjadi tanda kalau orang tua berhasil mendidik dan mengasuh dengan baik. Anda juga harus tahu tanda-tanda anak yang sudah merasa bahagia.

Melansir dari Herstory, Kamis, 8 Juli, berikut ini beberapa tanda yang bisa Anda lihat pada anak kalau dia bahagia. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Jarang tantrum

Anak-anak sering marah dan kesal di rumah ataupun di depan umum, apalagi kalau dia tidak mendapatkan apa yang diinginkan. Nah, kalau anakmu tidak melakukan hal tersebut di rumah ataupun di depan umum, berarti dia sudah bahagia dan Anda berhasil mendidik anak dengan baik. 

Tidak mencari perhatian

Biasanya, anak-anak senang mencari perhatian orang lain dengan melakukan hal-hal semaunya. Sebagai orangtua, Anda harus memperhatikan kebutuhan anak supaya dia tidak merasa kekurangan perhatian. Namun, kalau anak tidak mencari perhatian berarti dia sudah bahagia dengan pola asuh Anda.

Menghormati orang yang lebih tua

Penting sekali untuk mengajari anak menghormati orang yang lebih tua. Si kecil harus bisa membedakan mana yang namanya teman dan juga orang dewasa. Kalau anak sudah mengerti dan bisa menghormati orang yang lebih tua, berarti Anda sudah mendidiknya dengan baik.

Puas dengan yang dimiliki

Anak yang manja tidak pernah puas dengan pa yang dimiliki. Dia akan selalu meminta sesuatu yang lebih dari yang sudah dimiliki. Namun, kalau anak yang sudah merasa bahagia, dia akan senang dengan apa yang sudah dimiliki. Anak seperti itu tidak menginginkan segalanya karena dia sudah merasa cukup.

Bersedia berbagi

Bagi anak-anak, berbagi itu memang sulit. Namun, Anda bisa mengajarkannya pada anak. Nah, saat anak sudah bersedia berbagi dengan orang lain, artinya pola asuh Anda sudah sangat baik. Si kecil juga merasa senang berbagai dengan teman-teman atau saudaranya.a