Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi agar Cepat Hamil
Ilustrasi (freestocks.org/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Untuk para wanita yang menginginkan kehadiran buah hati, perencanaan program hamil penting dilakukan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuburan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat dan memang bisa membantu mempercepat kehamilan. Tidak ada salahnya untuk mencoba dari hal-hal sederhana, kan? 

Menurut keterangan dokter spesialis kandungan Dr. Thomas Chayadi, Sp.OG, makanan yang dapat membantu menyuburkan kandungan adalah makanan yang mengandung makronutrien dan mikronutrien seimbang. Ini terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. 

Untuk makanan yang sebaiknya dihindari adalah terlalu banyak daging merah, susu berlemak tinggi, makanan berminyak, serta makanan yang mengandung glikemik tinggi karena berisiko mengganggu ovulasi. 

Anda bisa mengonsumsi dua porsi es krim setiap hari untuk mempercepat proses ovulasi. Kemudian, konsumsilah sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, sawi hijau, arugula, romaine, dan lainnya karena tinggi asam folat yang juga dapat meningkatkan ovulasi. 

Nah untuk sayuran hijau ini juga bisa dikonsumsi bersama pasangan, ya. Sebab, pria yang memiliki dosis asam folat tinggi juga bisa membuat spermanya lebih sehat. 

Selain dari sayuran hijau, asam folat juga bisa didapatkan dari  kacang-kacangan, biji-bijian, buah bit, dan asupan suplemen. Menurut jurnal Frontiers in Public Health, ada hubungan yang baik antara asupan tinggi asam folat, lemak tak jenuh ganda, dan makanan nabati pada hasil kesuburan.

Makan daging-dagingan boleh saja, termasuk ayam dan daging sapi. Namun, cobalah untuk tidak terlalu sering mengonsumsinya, batasi 2-3 porsi per hari. 

Buat yang suka ngemil, Anda bisa ganti camilan dengan makanan yang lebih sehat, seperti jeruk, stroberi, dan kacang-kacangan seperti almond, kenari, mete, pistachio, atau macadamia. 

Jangan lupa mencukupi asupan zat besi harian. Kandungan mikronutrien pada zat besi juga bisa membantu mempercepat proses kehamilan dan berperan penting dalam ovulasi. Makanan kaya zat besi bisa didapatkan dari  daging merah, kacang-kacangan, kuning telur, sayur berdaun hijau.