Bagikan:

YOGYAKARTA – Warna feses seringkali merepresentasikan jenis makanan yang dikonsumsi. Misalnya, saat banyak mengonsumsi sayur maka feses akan berwarna hijau. Namun ada kasus tertentu yang menyebabkan feses berwarna hijau padahal tidak makan sayur. Hal itu terjadi karena ada pemicunya, bisa gangguan kesehatan, kondisi tertentu, dan sebagainya.

Feses Berwarna Hijau Padahal Tidak Makan Sayur

Dilansir dari Medicine Net, ada beberapa pemicu mengapa tinja berwarna hijau padahal tidak makan sayur yakni sebagai berikut.

  1. Infeksi

Warna hijau pada feses bisa menandakan bahwa makanan yang dikonsumsi melewati usus besar terlalu cepat. Pemicunya bisa karena infeksi di dalam usus. Infeksi tersebut bisa disebabkan karena parasit, virus, atau bakteri. Misalnya, infeksi Salmonella, norovirus, dan masih banyak lagi.

  1. Pasca Pengangkatan Empedu

Di beberapa kasus seseorang yang baru saja menjalani operasi pengakatan empedu akan membuat feses berwarna hijau. Saat itu terjadi, empedu yang sebelumnya ditampung di kantong empedu akan masuk ke usus dan tidak dapat dipecah. Hal ini pula yang memicu feses berwarna hijau.

  1. Sindrom Iritasi Usus Besar

Usus besar biasanya akan berkontraksi untuk memindahkan makanan. Seseorang yang mengalami iritasi usus besar akan mengalami kontraksi hingga berujung pada diare atau gangguan lainnya. Meski sangat jarang terjadi, masalah pencernaan ini juga mengganggu penyerapan empedu sehingga feses bisa berwarna hijau.

  1. Mengonsumsi Obat

Beberapa obat dan suplemen juga memicu warna hijau pada feses namun kondisi ini hanya bersifat sementara. Contoh obat atau suplemen yang menyebabkan warna hijau pada feses seperti antibiotik atau suplemen zat besi.

  1. Fisura Ani

Fisura ani adalah luka atau robekan yang terjadi di area anus. Luka ini berbeda dengan wasir. Kondisi ini bisa menyebabkan kejang di area anus, sakit perut, termasuk mengubah warna feses jadi hijau. Namun perubahan warna tersebut terjadi karena kondisi tertentu.

  1. Kanker

Kotoran berubah warna jadi hijau bisa jadi tanda bahwa orang tersebut mengalami kanker saluran cerna bagian bawah. Tanda ini cukup langka namun bisa saja menimpa seseorang.

  1. Kehamilan

Ibu hamil mungkin secara tidak sadar akan mengeluarkan feses yang berwarna hijau. Beberapa wanita mengalaminya di beberapa minggu pertama kehamilan. Kondisi tersebut terjadi karena ibu hamil mengonsumsi suplemen zat besi atau vitamin prenatal.

Tinja berwarna hijau mungkin juga terjadi sepanjang trimester ketiga. Di akhir kehamilan, makanan yang dikonsumsi akan melewati usus secara cepat dan kondisi itu akan menyebabkan feses berwarna hijau sekaligus encer.

  1. Alergi Laktosa

Saat feses berwarna hijau namun disertai perut kembung menandakan seseorang mengalami intoleransi laktosa. Kondisi itu bisa terjadi karena bawaan. Disarankan untuk menghentikan konsumsu susu serta olahannya.

Itulah informasi terkait feses berwarna hijau padahal tidak makan sayur. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.