11 Jenis Tanaman Hias <i>Rubber Plant</i> yang Bermanfaat Bersihkan Udara dalam Ruangan
Ilustrasi tanaman hias rubber plant bermanfaat bersihkan udara (Unsplash/Paul Hanaoka)

Bagikan:

JAKARTA – Mendekorasi ruangan dengan tanaman di dalam ruangan bukan tanpa alasan, sebab selain menyegarkan pandangan, tanaman dalam ruangan jenis tertentu dapat bermanfaat membersihkan udara. Termasuk salah satunya genus ficus yang dikenal populer dengan rubber plant atau karet kebo.

Ficus elastica merupakan tanaman yang bisa tumbuh dalam ruangan atau dengan intensitas cahaya rendah. Daunnya mengkilap dan ukurannya besar, sebesar telapak tangan atau lebih.

Cara mengembangbiakkannya amatlah mudah, yaitu dengan stek. Berikut jenis-jenisnya untuk menghias ruangan Anda.

Robusta

Punya nama botani Ficus elastic ‘Robusta’ yang termasuk salah satu varietas dengan bentuk permukaan daun yang kasar dan besar. Apabila ruangan Anda kering, tanaman ini tetap akan bisa tumbuh bahkan mencapai 4 – 6 kaki.

Tricolor

Masih dengan nama botani yang sama, tetapi memiliki warna daun yang cerah dan beraneka warna. Permukaan daunnya tebal dan warnanya kombinasi antara hijau, merah muda, dan krem.

tanaman hias rubber plant
Ilustrasi tanaman hias rubber plant jenis tricolor (Unsplash/Scott Web)

Tineke

Berwarna daun warna-warni, batangnya berwarna merah, dan permukaan daunnya kombinasi gelap dan hijau muda dengan tepian krem.

Decora

Varian ini paling populer, dengan warna daun hijau mengkilap, tebal, dan bisa tumbuh hingga 1 kaki. Agar terlihat indah menghias ruangan, Anda dapat menanamnya dalam pot dan lapisi keranjang.

Doescheri

Tanaman ini tak biasa, sebab memiliki warna yang cantik. Daunnya hijau tak merata dengan rona putih agak krem. Tangkai daun berpelepah dengan bagian bawh warna merah muda.

Burgundy

Dilansir Balcony Garden Web, Rabu, 30 Juni, Ficus elastica ‘Burgundy’ memiliki warna seperti namanya, merah anggur dan bersemu hitam pada batangnya. Nah, untuk mendapatkan warna daun terbaik, direkomendasikan untuk memberikan cahaya dan kelembapan cukup.

Abidjan

Warnanya kombinasi, antara merah anggur dan perunggu. Tanaman ini juga selain menghias ruangan bermanfaat membersihkan udara dalam ruangan.

Melany

Warna dasar daunnya hijau mengkilap dan dari spesimen ini merona merah anggur. Dalam ruangan dengan intensitas cahaya rendah, rubber plant Melany bisa tumbuh dengan baik.

Ruby merah

Ini yang paling warna-warni, selain warna hijau tua aneka ragam warna ungu, merah, dan putih membuatnya semakin menawan. Saat daun mulai bersemi, warnanya merah muda. Menarik bukan?

tanaman hias rubber plant
Ilustrasi menanam rubber plant jenis tineke (Pexels/Ketut Subiyanto)

Black prince

Seperti namanya jenis tanaman hias rubber plant ‘pangeran hitam’ sebenarnya berwarna hijau gelap sekali sehingga dari kejauhan terlihat hitam. Agar tumbuh optimal, berikan cukup cahaya tetapi tidak langsung.

Yellow gem

Tanaman karet ini punya warna daun yang unik, yaitu hijau pada bagian tengah dan bersemu keemasan pada bagian tepinya. Tanaman ini akan menyukai pot yang besar, maka sesuaikan motif dan warna potnya dengan warna daunnya agar semakin mewarnai ruangan Anda.