Video <i>Lipsync</i>-nya Rendahkan Orang Asia, Billie Eilish Minta Maaf
Billie Eilish (Instagram @billieeilish)

Bagikan:

JAKARTA - Penyanyi Billie Eilish meminta maaf kepada warganet menyusul beredarnya sebuah video di media sosial TikTok.

Belakangan ini, sebuah video kompilasi menampilkan Billie Eilish yang menyanyikan lagu Tyler, the Creator berjudul Fish secara lipsync. Lagu ini memiliki lirik yang bernada mengejek orang Asia.

Melalui Instagram Story pada Senin, 21 Juni, pelantun Lost Cause meluruskan video yang dibicarakan penggemarnya tersebut.

“Ada sebuah video pada saat saya berumur 13 atau 14 tahun ketika saya menyanyikan kata dari sebuah lagu yang saat itu saya tidak tahu kalau kata-kata itu bernada merendahkan kaum Asia.”

Dia menyebut kata-kata itu hanya dia dengar lewat lagu Fish dan tidak pernah digunakan dalam kesehariannya. “Terlepas dari usia dan ketidaktahuan saya, tidak ada alasan untuk tidak menyebut tindakan ini menyakitkan. Jadi saya minta maaf.”

“Video lainnya adalah klip editan saya yang berbicara dengan suara yang dibuat-buat… sesuatu yang saya lakukan sejak kecil dan ketika saya berbicara dengan peliharaan, teman-teman, dan keluarga. Ini tentu dibuat-buat dan hanya bercanda, bukan untuk meniru bahasa, aksen atau budaya siapapun.”

Lebih lanjut, Eilish selalu berusaha menjadikan platformnya sebagai tempat untuk saling menghormati satu sama lain.

"Saya harus melanjutkan percakapan, mendengarkan, dan belajar. Saya mendengar kalian dan saya mencintai kalian. Terima kasih sudah membaca ini."