Vladislav Ivanov 'Lelush', Peserta Kompetisi <i>Produce Camp 2021</i> yang Ingin Tereliminasi
Vladislav Ivanov/Lelush (Twitter @CHUANG_official)

Bagikan:

JAKARTA - Kompetisi survival realitas selalu diwarnai dengan cerita mengharukan dan penuh harapan. Namun, siapa sangka jika kali ini cerita yang unik datang dari salah satu peserta.

Baru-baru ini, nama Vladislav Ivanov menjadi perbincangan internet. Dikenal dengan nama panggung Lelush, Vladislav adalah salah satu peserta Produce Camp 2021.

Produce Camp 2021 atau Chuang 2021 adalah kompetisi survival realitas asal China. Acara ini adalah versi China dari Produce 101 yang lebih dahulu dikenal di Korea Selatan.

Melalui program ini, pihak Tencent Video berencana membentuk grup laki-laki yang menyasar pasar China hingga internasional.

Sesuai dengan konsep orisinalnya, para peserta akan bersaing satu sama lain untuk memperebutkan 11 posisi untuk debut dalam grup bentukan Tencent. Penonton bisa memberi dukungan setiap minggu agar pilihan mereka tidak tereliminasi.

Ada tingkatan berbeda untuk peserta yang mendapat penilaian positif sampai negatif, mulai dari kelas A hingga F.

Penerjemah

Vladislav Ivanov adalah model paruh waktu dari Vladivostok. Pria 27 tahun ini awalnya bekerja sebagai penerjemah untuk acara Produce Camp 2021.

Suatu ketika, produser acara melihat visual Ivanov yang terlihat menarik dan langsung memintanya untuk ikut sebagai kontestan. Dia pun tertarik dan mencobanya, namun beberapa waktu kemudian dia langsung menyesal.

Sayangnya karena sudah menandatangani kontrak acara, Ivanov harus membayar denda jika dia ingin keluar di tengah berjalannya kompetisi.

Alhasil, daripada membayar denda, Ivanov tetap berkomitmen mengikuti proses kompetisi mulai dari berlatih koreografi dan menyanyikan lagu. Dia juga meminta penonton untuk tidak mendukungnya agar selalu mendapat urutan terendah.

“Jangan mencintai saya, Anda tidak akan mendapat hasilnya,” kata Ivanov dalam satu kesempatan, melansir The Guardian. Bahkan beberapa kali dia berharap tidak maju ke tahap selanjutnya.

“Saya harap juri tidak mendukung saya. Ketika yang lain ingin mendapat A, saya ingin mendapat F yang berarti kebebasan (freedom),” katanya dalam satu episode. Tagar #FreeLelush atau bebaskan Lelush berkumandang di media sosial.

Mendapat Dukungan

Lelush juga menampilkan lagu namun tidak begitu memperhatikan penampilan. Namun di sisi lain, pendukungnya semakin bertambah.

Dukungannya yang terhitung besar membuat Lelush terus berkompetisi selama tiga bulan. Pengikutnya di media sosial Weibo juga mencapai 840 ribu. Lagi-lagi, Lelush tidak bisa berbuat apa-apa.

Setelah mencapai episode terakhir pada pertengahan April lalu, Lelush tidak berhasil mendapat banyak dukungan dan gagal menjadi line up grup final. Tereliminasinya Lelush juga menjadi populer di Weibo dan dilihat lebih dari 180 juta.

Mengutip SCMP, teman Lelush bernama Ivan Wang mengatakan Lelush tidak suka berada di depan kamera. Ivan Wang adalah orang yang menghubungkan Lelush dengan pekerjaan penerjemah di Produce Camp 2021.

“Dia menolak permintaan berulang kali oleh Produce Camp 2021. Dia hanya berkata iya setelah merasa bosan. Dia pikir bergabung dengan acara ini bisa membantu karakter introvert-nya.”

Penonton menyukai penampilan Lelush karena dia terlihat bosan dan marah. Lelush menghadirkan konsep berbeda dibandingkan kontestan lain.