Komisi Standar Komunikasi Korea Jatuhkan Denda kepada CJ ENM
Logo Produce (CJ ENM)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Standar Komunikasi Korea atau disingkat KCSC memutuskan untuk menjatuhkan denda kepada CJ ENM atas kasus manipulasi voting yang dilakukan pada sejumlah kompetisi Produce 101.

Mereka menganggap kasus tersebut mencoreng program televisi yang seharusnya mengedukasi. Kerja keras kontestan yang bersaing dalam acara Produce 101 juga tercoreng akibat ulah agensi dan CJ ENM.

“Perusahaan broadcasting harus melihat mengapa staf mereka melakukan hal tersebut, mengapa staf lain melihat arah yang berbeda, dan mengapa budaya korporat yang meminta staf untuk diam dalam situasi tersebut,” kata perwakilan KCSC dilansir dari Soompi.

Mereka juga menyayangkan bagaimana CJ ENM hanya menyalahkan produser mereka dan tidak memilih merefleksi diri terhadap kinerja staf produksi terhadap acara ini.

Pada tahun 2019, penggemar dihebohkan dengan dugaan kecurangan Produce dalam melakukan voting. Setelah melakukan investigasi, pihak berwajib memutuskan untuk menghentikan Ahn Joo Young sebagai produser.

Kecurangan yang terjadi dari musim pertama hingga keempat ini membuat Mnet resmi menghentikan acara Produce. Namun, Mnet tetap produktif dengan membuat acara kompetisi baru, salah satunya I-LAND.

Perwakilan CJ ENM mengatakan, “Kami akan bertanggung jawab sebagai perusahaan produksi dan kami mencoba memperbaiki diri. Kami meminta maaf atas membuat kekecewaan. Kami minta maaf.”

Pada Mei tahun ini, beberapa nama dari CJ ENM; Ahn Joo Young, Kim Yong Bum, dan perwakilan agensi melakukan sidang terkait kasus ini.