Australia, Negara 'Pelarian' Artis Hollywood di Tengah Kepungan Pandemi
Syuting (Avel Chuklanov/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Di tengah kepungan pandemi COVID-19, ada satu negara yang kian ramai dikunjungi, yaitu Australia.

Berbagai produksi serial dan film sudah dilakukan sejak lama di Negeri Kanguru. Namun sejak pandemi, produksi itu justru semakin meningkat.

Tom Hanks, misalnya, aktor kawakan ini di Australia pada Maret 2020 untuk syuting film biopik Elvis. Diketahui, dia berperan sebagai manajer Elvis Presley bernama Colonel Tom Parker.

Hanks bersama istrinya, Rita Wilson menjadi salah satu figur publik pertama yang tertular virus corona. Akibatnya mereka harus kembali ke Amerika Serikat dan produksi film Elvis dihentikan sementara.

Itu hanyalah kasus awal, jika melihat sekarang, sudah tidak terhitung berapa produksi film yang terus berlanjut di Australia. Rumah produksi Marvel Studio sedang mengerjakan film baru Thor. Natalie Portman, Matt Damon, Tessa Thompson, Chris Pratt, Christian Bale, Taika Waititi, dan Chris Hemsworth dikonfirmasi berada di sana.

Idris Elba dan Tilda Swinton juga sedang syuting Three Thousand Years of Longing. Dwayne Johnson juga merampungkan sitkom Young Rock. Film arahan Ron Howard tentang penyelamatan anak-anak Thailand, Thirteen Lives juga dilakukan di Queensland, Australia.

Melansir laman Screen Australia, pemerintah merilis daftar produksi yang sedang berjalan di Australia beserta lokasinya. Lebih dari 20 produksi sedang berlangsung di berbagai daerah di sana.

Australia yang Bebas

Meskipun belum sepenuhnya bebas dari pandemi, tetapi ada beberapa daerah bagian yang sudah menyatakan COVID-Free. New South Wales, salah satu daerah padat penduduk sudah melewati 54 hari tanpa kasus baru begitu juga dengan Queensland yang melewati 64 hari.

Oleh karena itu, tidak jarang masyarakat sudah tidak diwajibkan untuk mengenakan masker. Banyak juga figur publik yang menetap sementara di Australia.

Aktor Zac Efron menghabiskan waktu sejak tahun 2020 dengan tinggal di Byron Bay. Meskipun diiringi dengan kegiatan syuting tetapi Efron terlihat banyak menghabiskan waktu santai.

Aktris Nicole Kidman juga melakukan hal yang sama. Ditemani suaminya, Keith Urban, mereka kembali ke kampung halaman Kidman sekaligus syuting untuk serial terbaru. Pasangan Isla Fisher dan Sacha Baron Cohen pun kembali ke Sydney untuk tinggal sementara selama pandemi.

Dikritik

Kehadiran para figur publik ini menimbulkan kritik. Sebab, masyarakat mengeluhkan perlakuan spesial yang diberikan pemerintah kepada mereka.

Banyak figur publik yang memilih karantina di sebuah rumah atau penginapan dengan melewatkan aturan untuk karantina di hotel sesuai anjuran pemerintah.

Matt Damon yang sampai di Australia pada Januari tahun ini dikabarkan membayar dokter pribadi, layanan kebersihan setara hotel untuk tempat tinggalnya di Byron Bay. Meskipun disebut liburan, Damon sedang syuting film terbaru Thor dengan memboyong keluarganya.

Tom Hanks juga dikritik karena ketika sampai di Australia, dia diperbolehkan melewati kewajiban karantina di hotel.

Kritik yang ditujukan kepada pemerintah Australia pun dibantah. Mengutip ABC, Jeannette Young selaku Chief Health Officer beralasan industri film menghasilkan banyak uang saat ini.

Perdana Menteri Annastacia Palaszczuk juga membela Hanks saat menjalani karantina di kediaman pribadi dengan menyebut ini merupakan bagian rencana industri perfilman di tengah COVID.

Kepala Screen Australia, Graeme Mason menjelaskan bahwa produksi di Australia akan membawa keuntungan bagi pekerja lokal. “Baik mereka mengatur pakaian, atau apapun, mereka adalah orang Australia dan hal ini memberikan pekerjaan dan kemampuan untuk orang-orang tersebut,” kata Mason.

Nampaknya produksi tidak akan berhenti. Ausfilm, badan kemitraan pemerintah untuk industri hiburan mencatat peningkatan produksi sebanyak 300 persen seperti di tahun 2019.