Istri Dikritik karena Joged di TikTok, Ustaz Solmed Beri Penjelasan Hukum Islamnya
Ustaz Solmed dan Istri (Foto: IG @ustad_solmed)

Bagikan:

JAKARTA - Istri Ustaz Solmed, April Jasmine menuai kritikan dari netizen karena unggahannya di TikTok diangap kurang pantas lantaran mencuri perhatian banyak orang. Video tersebut dibuat untuk merayakan ulang tahun ke-35 pada Kamis, 1 April lalu. 

Video dibuka dengan April Jasmine berjalan ke belakang menuju teman-temannya. Lantas April menari bersama tiga perempuan berhijab lainnya.

Perempuan 35 tahun itu tampak bersemangat saat menari bersama. Dia berjoget dengan mengenakan busana serba putih dipadu jaket denim berwarna biru muda. April Jasmine memakai topi baret berkelir abu-abu muda di atas jilbab, menyelempangkan tas berwarna hitam, plus kacamata yang disematkan di dada.

Usai menuai kritik, Ustad Solmed menjelaskan tentang hukum menari lewat instagram.

"Nih yang mau baca hukum menari, senam, joget. Biar enggak ngabisin kuota? Intinya apa? Boleh dengan catatan ya," tulis Ustaz Solmed dengan mengunggah deretan huruf arab berwarna putih dengan latar hitam, tanpa penjelasan atau terjemahan. 

Pembelaan Sholeh Mahmoed Nasution terhadap April Jasmine ini kembali memantik reaksi netizen. Sebagian besar mempertanyakan dan menyayangkan seorang pendakwah justru membiarkan istrinya menunjukkan aurat melalui tarian yang tersebar di dunia maya.

Merasa tak cukup memberikan pembelaan, Ustaz Solmed pun memberi penjelasan kepada media yang mecoba konfirmasi langsung. "Saya melihat apa yang dilakukan istri saya dengan gerakan yang sangat simpel, sangat sederhana itu kayak kita dulu nyanyi Potong Bebek Angsa. Yang saya lihat tangan ke kanan, ke kiri, itu yang salah apanya? Apakah gerakannya? atau lagunya? Atau TikToknya?" ujar Solmed dikutip dari Instagram @lambe_turah dikutip Selasa, 6 April. 

"Kita semua harus jernih dalam memandang persoalan. Jauh sebelum ini ulama-ulama kita sudah membahas tentang tarian. Mereka semua berbeda tetapi mereka tidak saling mencela, tidak saling memaksa. Saling mendengar saling menghormati, itu yang diajarkan oleh agama yang dibawa Nabi Muhammad," pungkas Ustaz Solmed.