Bagikan:

YOGYAKARTA – Cokelat disebut sebagai salah satu makanan atau bahan makanan yang bermanfaat untuk kesehatan. Meskipun harus memilih cara mengolah yang tepat supaya tidak kebanyakan gula, cokelat termasuk makanan yang comforting atau makanan yang menenangkan dan nikmat. Kalau untuk makanan penutup berbahan cokelat, berikut daftar jenisnya yang terbaik di dunia.

1. Souffle cokelat

Souffle cokelat adalah makanan penutup dari Prancis yang berbahan dasar cokelat hitam dan terigu. Supaya menghasilkan cake yang empuk dan dalam berlava, dicampurkan dengan telur, mentega, susu, dan gula. Biasanya dihidangkan dengan ramekin atau piring kecil tahan panas untuk memanggang. Biar tetap lembut, sebelum dihidangkan harus dipanggang. Supaya bagian luarnya tetap lembut dan dalamnya meleleh.

jenis makanan penutup berbahan cokelat terbaik di dunia
Ilustrasi jenis makanan penutup berbahan cokelat terbaik di dunia (Freepik)

2. Kladdkaka

Hidangan penutup dari Swedia ini, termasuk klasik yang memadukan telur, bubuk kakao atau cokelat hitam, mentega, gula, dan tepung. Tekstur luarnya padat dan renyah tetapi bagian tengahnya lembap. Kladdkaka bukan makanan penutup yang manis, tetapi rasa cokelat yang pahit menjadi ciri khasnya. Supaya comforting, umumnya dihidangkan bersama satu scoop es krim dan secangkir kopi.

3. Brownies

Kue dari Amerika Serikat ini populer sekali. Terdapat dua versi asal dibuatnya kue cokelat ini. Versi pertama, seorang koki diminta oleh Bertha Palmer, istri pemilik Palmer House Hotel, membuat hidangan penutup berbahan cokelat  yang paling baru untuk disajikan di Colombian Exposition tahun 1893. Melansir TasteAtlas, Kamis, 19 September, versi kedua menceritakan bahwa brownies adalah resep “kecelakaan”.

Brownie Schrumpf adalah seorang pustakawan yang membuat kue tetapi tidak memasukkan pengembang. Bahan kue tersebut cokelat hitam batangan yang tebal. Terlepas mana versi yang benar, brownies adalah makanan penutup paling populer sejak 1950.

jenis makanan penutup berbahan cokelat terbaik di dunia
Ilustrasi jenis makanan penutup berbahan cokelat terbaik di dunia yang comforting (Freepik)

4. Mousse cokelat

Sejak abad ke-17, orang Prancis telah memasak cokelat yang diperkenalkan oleh orang Spanyol. Hidangan penutup mousse cokelat ini, berasal dari Prancis tetapi asal-usulnya tidak diketahui secara pasti. Berbahan cokelat hitam, telur, mentega, dan gula, mousse memiliki tekstur lembut dan berbusa.

Mousse dibuat sejak abad ke-18 sebagai teknik memasak, salah satunya yang berbahan dasar cokelat hitam. Variasi saat ini, mousse cokelat dihias dengan serpihan atau potongan cokelat diatasnya untuk memperkaya tekstur.

5. Brigadeiro

Dibuat memakai tiga bahan sederhana, yaitu mentega tawar, bubuk kakao, dan susu kental manis. Brigadeiro adalah hidangan penutup berbahan cokelat yang populer dari Brasil. Setelah bahan tercampur rata, lalu dibentuk bulat-bulat mirip truffle. Lalu digulingkan dalam mentega supaya mesis cokelat menempel di bagian terluarnya. Brigadeiro pertama kali dibuat tahun 1940-an. Dibuat saat buah manis begitu langka, maka terciptalah makanan penutup ini.

6. Sacher-torte

Kue ini seperti spons cokelat berlapis, termasuk hidangan penutup klasik dari Austria. Sacher-Torte konon rasanya paling enak jika disajikan dengan sedikit krim kocok tanpa pemanis di sampingnya. Kue ini ditemukan pada tahun 1832 oleh Franz Sacher, seorang koki pastry untuk Pangeran Clemens Lothar Wensel Metternich, Kanselir Negara Austria saat itu.

7. Kukis cokelat

Di Indonesia, kukis cokelat sangat populer. Di dunia, makanan penutup yang biasa dihidangkan bersama secangkir susu, kopi, atau teh hangat yang berasal dari Amerika Serikat ini, juga masyhur. Kukis biasanya memiliki rasa asin dan manis yang seimbang. Teksturnya lembut dan kenyal, juga dihias chocochips bagian luarnya.

Itulah tujuh jenis makanan penutup berbahan cokelat yang populer di dunia. Anda pastinya sudah pernah menikmati brownies dan kukis. Tertarik untuk membuat salah satu daftar desserts di atas?