10 Hidangan Nikmat yang Disajikan saat Natal di Berbagai Negara
Ilustrasi makanan khas Natal di berbagai negara (Unsplash/Jed Owen)

Bagikan:

JAKARTA – Hidangan yang disajikan merepresentasikan budaya berkaitan dengan cara mengolah bahan makanan dan selain kondisi alam yang menentukan ketersediaan bahan. Saat Natal, setiap negara memiliki tradisi masing-masing untuk menikmati hari besar yang jatuh pada penghujung tahun.

Tertarik mencari inspirasi dari apa saja yang disajikan saat hari Natal di berbagai negara? Berikut 10 daftar makanan yang umum dihidangkan menemani acara keluarga.

1. Chili – Pan de pascua

Perayaan Natal menurut warga Chili adalah momen berkumpulnya semua keluarga. Berbagai hidangan disajikan di meja, seperti sayur-sayuran, kentang, Chillean wine atau kadang juga red wine. Makanan yang dianggap sebagai tradisi dan dihidangkan di meja makan adalah 'pan de Pascua' atau disebut fruitcake.

kue khas natal
Ilustrasi kue khas Chili yang dihidangkan saat Natal (Unsplash/Brett Jordan)

2. Kolombia - Bunuelos

Di Kolombia, saat Natal akan banyak ditemui makanan tradisional. Makanan tradisional ini disebut bunuelos. Bunuelos terbuat dari tepung jagung dan keju segar. Keju segar di Kolombia disebut queso fresco, ia akan jadi isian roti goreng tersebut. Selain bunuelos akan disajikan puding (natilla) dan pastry kering dengan rasa jeruk (hojuelas).

kue khas natal
Ilustrasi bunuelos, menu khas Natal di Kolombia (iStockphoto)

3. Kuba – Rum cake

Kuba sebagai salah satu negara Amerika Latin, setiap Natal punya tradisi temu keluarga dan perayaan. Makanan utamanya adalah sup kacang hitam dan nasi. Tetapi pada malam spesial disajikan puding beras dan rum cake.

4. Ceko – Sup ikan

Berdasarkan tradisi, sebelum Natal penduduk akan berpuasa. Saat berbuka puasa, dihidangkan roti Natal pada sore hari. Biasanya dimulai dengan makanan pembuka, seperti sup ikan atau jamur kuba (mirip dengan risoto yang dibuat dari barley). Menu utamanya adalah ikan gurame goreng dan salad kentang.

5. Hungaria – Beigli atau Bejgli

Setiap provinsi di Hungaria mempunyai tradisi yang berbeda-beda. Umumnya menghidangkan sup ikan gurame, kubis isi, ikan goreng dan beigli atau bejgli. Beigli adalah makanan penutup berupa pastry yang diisi dengan kacang kenari atau poppyseeds

kue khas natal
Ilustrasi beigli atau bejgli, kue Natal di Hungaria (iStockphoto)

6. India – Nasi biryani

Kebiasaan saat perayaan Natal di India, yaitu dengan menghidangkan kudapan manis dari kidiyo hingga kukis dan fruitcakes. Kidiyo bisa disebut sebagai donat berbentuk bulat bermandikan karamel.

Menu makan malamnya ialah nasi biryani dicampur daging biri-biri, kari domba, dan makanan khas India pada umumnya. Tidak jarang juga menghidangkan aloo gobi (kentang pedas dan bunga kol) dan jeera (nasi cumin).

hidangan natal
Ilustrasi nasi biryani dan kari (Unsplash/Mario Raj)

7. Jamaika – Stew ayam

Menu makan malam utamanya adalah kari kambing. Beberapa juga mempunyai menu berupa daging panggang, stew ayam, san kari ayam. Beras dan kacang serta rum punch ikut serta dihidangkan.

8. Yunani – Yiaprakia

DI wilayah utara Yunani, dilansir Taste of Home, Sabtu, 18 Desember, umum menghidangkan yiaprakia. Yiaprakia adalah gulungan kubis berisi daging babi yang diasinkan. Sedangkan di beberapa wilayah menghidangkan domba panggang pada saat makan malam ketika Natal.

Selain hidangan utama, roti manis pedesaan diisi kismis, kacang-kacangan, kapulaga dan cengkeh yang disebut christopsomo juga disajikan.

hidangan khas natal
Ilustrasi menu Natal di Yunani (Unsplash/Karolina Kolodziejczak)

9. Jerman – Stollen

Bebek panggang, angsa atau kelinci adalah hidangan utama makan malam Natal bagi orang Jerman. Selain itu, yang paling favorit adalah pangsit kentang dan kol merah. Makanan penutupnya adalah stolen, roti manis yang mirip dengan kue buah.

kue khas natal
Ilustrasi hidangan penutup makan malam saat Natal di Jerman (Unsplash/Alina Levon)

10. Austria – Sachertorte

Menu Natal di Austria, antara lain menghidangkan ikan mas goreng. Beberapa tahun terakhir populer menghidangkan kalkun panggang. Untuk manakan penutup, sachertorte, kue rasa cokelat dan aprikot yang berasal dari Wina. Kue ini tak hanya disajikan saat Natal, tetapi juga khas jadi suguhan saat liburan.