Inilah 2 Jenis Makanan yang Enak Dinikmati Setengah Matang
Ilustrasi makanan yang enak dinikmati setengah matang (Foto: Pixabay/Studiotatuin).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Setiap hidangan memiliki tingkat kematangan yang berbeda-beda. Ada makanan yang enak dinikmati setengah matang, ada pula yang perlu dimasak hingga matang seutuhnya agar mendapatkan cita rasa yang sempurna. Bahkan, beberapa jenis makanan disajikan dalam kondisi yang masih mentah.

Sebagai contoh, bila Anda makan di restoran steak, biasanya pelayan akan menanyakan tingkat kematangan steak yang Anda inginkan, apakah rare (seperempat matang), medium rare (setengah matang,) medium (tiga perempat matang), atau well done (matang sempurna).

Masing-masing tingkat kematangan tersebut akan memengaruhi cita rasa hidangan steak. Akan tetapi, semua itu kembali lagi pada selera penikmatnya. Ada yang gemar menyantap makanan setengah matang, ada juga yang lebih menyukai makanan yang disajikan dalam kondisi matang seutuhnya.

Nah, dalam artikel kali ini VOI secara khusus akan membahas makanan yang lebih nikmat disantap dalam kondisi setengah matang. Apa saja hidangan tersebut? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

Makanan yang Enak Dinikmati Setengah Matang

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut dua jenis makanan yang enak dinikmati setengah matang:

1. Telur setengah matang

Telur setengah matang adalah hidangan telur yang kondisinya belum matang sempurna, biasanya kuning telur masih dalam kondisi belum padat atau masih berwujud lelehan.

Telur rebus atau telur ceplok yang dimasak setengah matang akan menghasilkan sensasi rasa yang lebih nikmat, kenyal, juicy, dan juga gurih.

Selain itu, hidangan ini juga mendatangkan pengalaman yang unik ketika akan menyantapnya, terlebih saat bagian terlurnya dibelah dan cairan kental berwarna kuing keoranyean merekah keluar. Hal ini menyajikan keindahan tersendiri bagi penikmat telur setengah matang.

Di Indonesia, hidangan telur setengah matang yang umum dijumpai adalah telur rebus dan telur cepok.

Sementara di berbagai belahan dunia, terdapat berbagai macam kreasi makanan yang terbuat dari telur setengah matang, di antaranya:

  • Egg benedict: hidangan ini disajikan dengan ham, potongaan tomat, dan bacon. Egg benedict termasuk salah satu menu sarapan favorit orang Amerika.
  • Onsen tamago: onsen tamago adalah telur setengah matang yang dimasak di air hot spring. Putih telurnya sangat lembut dan kuning telurnya mirip custard. Hidangan ini sangat populer di Jepang.
  • Shakshouka: shakshouka merupakan olahan telur setengah matang yang dihidangkan dengan saus tomat. Shakshouka biasanya disajikan dalam kondisi hangat untuk sarapan atau brunch di Tunisia.
  • Huevos rancheros: hidangan telur setengah matang khas Meksiko ini disajikan bersama tortilla, saus tomat, bawang, dan lain-lain.

2. Steak

Steak termasuk hidangan yang lebih nikmat disantap dalam kondisi setengah matang. Steak sendiri merupakan irisan daging tebal yang diolah dengan cara dipanggang.

Biasanya, ketika akan menyantap steak di sebuah restoran, chef akan menyarankan untuk memilih steak dengan tingkat kematangan medium atau medium rare. Steak yang dimasak setengah matang, tekstur dagingnya akan terasa lembut dan juicy.

Sedangkan tingkat kematangan well done (matang sempurna) pada steak, tekstur dagingnya akan terasa lebih keras dan tidak juicy. Inilah alasan mengapa steak yang dimasak setengah matang begitu digemari banyak orang.

Demikian informasi tentang makanan yang enak dinikmati setengah matang. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.