Berapa Lama Merebus Telur Ayam? Ini Jawaban  Lengkapnya, dari Setengah Matang hingga Matang Sempurna
Ilustrasi telur rebus. (Congerdesign/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Masih banyak orang yang membingungkan berapa lama merebus telur ayam sesuai dengan hasil yang diinginkan, mulai dari setengah matang hingga matang sempurna. Tingkat kematangan disesuaikan dengan selera dan sajian kuliner yang akan dihindangkan.

Telur rebus tak hanya lezat untuk dikonsumsi namun juga bisa jadi makanan untuk mendukung program diet. Hal itu dikarenakan kalori telur rebus cenderung rendah.

Berapa Lama Merebus Telur yang Benar?

Kunci utama dalam merebus telur adalah waktu. Karena waktu perebusan akan berpengaruh pada tingkat kematangan telur. Tak semua orang suka telur rebus dengan tingkat kematangan sempurna, ada pula yang ingin setengah matang pada bagian kuningnya, namun matang sempurna di bagian putih telurnya.

Waktu yang dibutuhkan untuk merebus telur mulai dari 2 menit hingga 15 menit. Berikut daftar waktu dan hasilnya.

  • Tingkat Kematangan 1

Tingkat kematangan pertama pada telur rebus bisa dicapai dengan merebus telur selama 2 hingga 3 menit. Hasil rebusan nantinya putih dan kuning telur sudah padat namun masih sedikit encer. Biasanya hasil ini digunakan untuk lansia.

  • Tingkat Kematangan 2

Kematangan telur tingkat selanjutnya bisa didapat dengan merebus telur selama 4 hingga 5 menit. Tingkat kematangan ini berupa kuning telur cenderung seperti puding karena bisa mencair. Sedangkan bagian putihnya memadat dan sedikit lembek.

  • Tingkat Kematangan 3

Tingkat ini bisa dicapai dengan merebus telur selama 6 atau 7 menit. Hasil rebusan pada tingkat ini berupa putih telur mulai memadat, namun bagian kuning masih lembek hanya saja tidak meleleh. Namun kelembekan kuning telur tidak merata.

  • Tingkat Kematangan 4

Dengan merebus telur ayam selama 8 hingga 9 menit, hasil yang didapat adalah putih telur masih lembut namun tidak mudah hancur. Sedangkan bagian kuning telur tidak lagi meleleh. Kematangan telur tingkat ini banyak dilakukan untuk mendapat hasil rebusan setengah matang.

  • Tingkat Kematangan 5

Pada tingkat ini, bagian putih telur mulai memadat, sedangkan bagian kuning telur juga mulai memadat namun masih lembut. Untuk mendapatkan hasil ini, Anda bisa merebus telur ayam selama 10 menit.

  • Tingkat Kematangan 6

Anda akan mendapati telur matang dengan sempurna. Bagian putih dan kuning sudah benar-benar padat. Waktu yang dibutuhkan adalah 15 menit.

Waktu yang dibutuhkan untuk merebus telur bergantung pada banyak hal, mulai dari suhu air mendidih hingga ukuran bejana, air dan banyaknya telur yang direbus. Lalu, bagaimana cara merebus telur yang tepat?

Cara Merebus Telur yang Tepat

Hasil rebusan telur yang tepat terjadi saat kulit telur bisa dikupas dengan mudah atau tidak terlalu lengket dengan putih telur. Adapun cara merebus telur ayam agar kulit mudah dikupas adalah sebagai berikut.

  1. Cuci telur dengan air bersuhu ruangan. Pencucian ini penting dilakukan karena cangkang telur biasanya kotor karena diambil di peternakan ayam.
  2. Pastikan telur bersuhu ruangan. Telur yang disimpah di lemari pendingin berpotensi memakan waktu lebih lama saat direbus. Anda bisa mendiamkan telur di suhu ruangan selama 10 menit.
  3. Rebus air dalam panci hingga mendidih. Kebutuhan air bisa menyesuaikan banyak telur yang akan direbus.
  4. Masukkan telur ke dalam air mendidih dan tunggu. Durasi perebusan disesuaikan dengan hasil yang diinginkan.
  5. Setelah telur dirasa matang, ambil telur dengan sendok yang memiliki cekung yang dalam. Hindari mengambil telur dengan capit karena telur masih basah dan licin sehingga berpotensi jatuh saat diangkat.
  6. Masukkan telur yang sudah diangkat dari air mendidih ke dalam air es. Hal ini dilakukan agar kulit telur lebih mudah dikupas karena perubahan suhunya.

Itulah informasi terkait berapa lama merebus telur. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.