Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara merebus telur agar mudah dikupas ternyata sangat mudah. Simak tips-tipsnya dalam ulasan berikut ini.

Sebagaimana diketahui, telur merupakan bahan makanan yang kaya akan protein. Bahan makanan ini sangat mudah diolah menjadi berbagai macam hidangan.

Salah satu metode pengolahan telur yang sering dilakukan rumah tangga adalah merebusnya. Telur rebus umumnya dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani diet tertentu, ditemani oleh sayur-mayur yang menyegarkan.

Meski cara memasak telur yang satu ini sangat mudah dipraktikkan, beberapa orang mengalami kesulitan mengupas telur rebus karena kulitnya menempel dan membuat putih telur ikut terkupas. Tentu sayang sekali jika banyak putih telur yang ikut terbuang, sebab di dalam putih telur terkandung banyak nutrisi, seperti protein, lemak, karbohidrat, kalium, dan asam folat.

Selain itu, putih telur yang ikut terkupas juga tidak enak dilihat, sebab bentuknya tidak beraturan, terlebih jika keperluannya adalah untuk hiasan atau sajian catering.

Lantas, bagaimana cara merebus telur ayam agar mudah dikupas? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Merebus Telur Agar Mudah Dikupas

Merebus telur
Ilustrasi merebus telur (foto: Pixabay/Lauryann)

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu 3 Juli 2024, berikut ini adalah cara merebus telur agar mudah dikupas:

  • Isi panci dengan air secukupnya atau cukup untuk merendam semua telur yang akan direbus. Berikutnya, tambahkan 1 sendok minyak goreng ke dalamnya. Minyak goreng bisa membantu mencegah kulit telur menempel pada putih telur ketika dikupas.
  • Langkah berikutnya, panaskan air hingga mendidih. Setelah itu, kecilkan api hingga air tetap mendidih dengan lembut.
  • Masukkan telur ke dalam air mendidih menggunakan sendok. Pada tahapan ini, pastikan telur tidak saling berbenturan agar tidak retak.
  • Rebus telur selama 10-12 menit. Setelah telur matang, angkat telur dari air mendidih dan segera masukkan ke dalam air dingin. Proses pendinginan ini bisa membantu memisahkan kulit telur dari putih telur.
  • Jika telur sudah benar-benar dingin, kupas telur dengan hati-hati. Minyak goreng yang ditambahkan ketika merebus telur akan memudahkan proses pengupasan, membuat kulit telur lebih mudah dikupas.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika merebus telur, yakni:

  • Jangan merebus telur yang masih segar, sebab telur segar dari peternakan akan lebih sulit dikupas. Hal ini disebabkan oleh senyawa kimia tertentu yang ada pada kulit telur. Jika ingin merebus telur, gunakan telur yang biasanya sudah dikemas dalam boks karton di supermarket atau pasar tradisional.
  • Jangan terlalu lama merebus telur, cukup 10-12 menid, Anda bisa mendapatkan telur yang matang sempurna. Bila Anda menginkan kuning telur yang keras tapi lunak, Anda bisa merebus telur selama 7 menit.
  • Hati-hati ketika memasukkan telur ke dalam air mendidih, sebab telur bisa saja retak. Untuk meminimalisir risiko tersebut, masukkan telur dengan menggunakan sendok. Jangan lupa gunakan api kecil ketika memasukkan telur.

Demikian informasi tentang cara merebus telur agar mudah dikupas. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.