Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak macam-macam hidangan yang berbahan dasar rumput laut. Seperti nori, kelp, wakame, dulse, serta alga biru dan hijau seperti dalam spirulina dan chlorella. Jenis produk rumput laut ini, bisa dimasukkan dalam hidangan harian Anda. Di samping bergizi dan rendah kalori, berikut manfaat rumput laut untuk kesehatan.

1. Sumber vitamin dan nutrisi yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda

Setiap jenis produk rumput laut mungkin mengandung nutrisi dan mineral yang sedikit berbeda. Sebuah penelitian tahun 2018 diterbitkan Marine Drugs, mencatat bahwa rumput laut umumnya merupakan sumber protein, karbohidrat, serat, mineral, dan asam lemak tak jenuh ganda.

Penelitian lainnya mencatat berbagai jenis rumput laut mengandung vitamin C, vitamin B, vitamin A, vitamin E, zat besi, dan yodium. Rumput laut juga mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari stres oksidatif dan mengurangi peradangan sel.

manfaat rumput laut untuk kesehatan
Ilustrasi manfaat rumput laut untuk kesehatan (Freepik)

2. Membantu fungsi tiroid

Kelenjar tiroid mengendalikan dan melepaskan hormon untuk memproduksi energi serta pertumbuhan dan perbaikan sel. Kekurangan yodium merupakan salah satu penyebab hipotiroidisme, tiroid yang kurang aktif yang dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan, intoleransi dingin, dan nyeri otot dan sendi. Hal ini juga dapat menyebabkan gondok, yang merupakan pembesaran kelenjar tiroid yang terlihat. Melansir Medical News Today, kelenjar tiroid membutuhkan yodium agar berfungsi dengan baik, tetapi jumlah yang dibutuhkan seseorang bergantung pada kesehatan kelenjar tiroid setiap orang.

3. Membantu mengatur gula darah

Makanan kaya serat dalam jumlah tinggi membantu mengatur kadar gula darah dan kadar insulin. Kalau rumput laut mengandung serat dan rendah kalori, itu artinya dapat membantu meningkatkan asupan serat harian tanpa mengkonsumsi tinggi kalori. Senyawa dalam rumput laut juga dapat mengurangi faktor risiko diabetes, seperti peradangan, kadar lemak tinggi, dan sensitivitas insulin. Namun penelitian harus dilakukan secara menyeluruh untuk membuktikan lebih jauh manfaat rumput laut pada manusia.

4. Mendukung kesehatan usus

Bakteri dalam usus berperan dalam memecah makanan, mendukung pencernaan, dan memengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Alga mungkin salah satu makanan yang ideal untuk usus. Sebuah penelitian diterbitkan dalam Journal of Applied Phycology melaporkan, bahwa alga cenderung mengandung serat dalam jumlah tinggi. Bahkan untuk alga kering bisa mencapai 23-64 persen dari beratnya. Serat ini dapat membantu memberi makan bakteri usus. Bakteri usus memecah serat menjadi senyawa yang meningkatkan kesehatan usus dan kesehatan sistem kekebalan tubuh.

5. Membantu menurunkan berat badan

Rumput laut tinggi serat dan rendah kalori, ini bisa membantu untuk seseorang yang sedang mencoba menurunkan berat badan. Menurut penelitian di Marine Drugs, serat makanan dalam jumlah tinggi menunda pengosongan lambung. Akibatnya, lambung dapat menunda pengiriman sinyal lapar ke otak, yang dapat membantu mencegah makan berlebihan.

6. Melindungi jantung

Makanan berserat tinggi seperti alga juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Serat larut, seperti dalam rumput laut, mengikat asam empedu atau garam dalam tubuh. Tubuh kemudian menggunakan kolesterol untuk menggantikan unsur-unsur ini, yang dapat menurunkan kolesterol total seseorang hingga 18 persen. Ditambah lagi, kandungan antioksidan yang tinggi dari banyak jenis alga dapat mendukung kesehatan jantung dari waktu ke waktu.

Meskipun rumput laut bermanfaat untuk kesehatan, penting untuk memperhatikan beberapa faktor. Termasuk tingkat yodium dalam makanan rumput laut, kandungan logam berat dalam rumput laut, dan cara mengkonsumsi rumput laut secara sehat. Untuk meminimalisir risiko, pilih produk rumput laut yang organik dan berkualitas baik.