Bagikan:

YOGYAKARTA – Makan makanan yang sehat besar pengaruhnya bagi tubuh. Itulah kenapa perlu memilih makanan yang baik dan dikonsumsi sesuai porsi. Untuk kolagen, bermanfaat sebagai pemberi struktur, kekenyalan, dan peregangan pada kulit. Seiring bertambahnya usia, kolagen semakin sedikit diproduksi tubuh. Tanpa kolagen yang cukup, sebabkan sejumlah masalah, antara lain kerapuhan rambut dan kuku, muncul garis halus keriput, dan muncul bintik-bintik hitam. Karena itulah cukupi kebutuhan kolagen dengan konsumsi makanan berikut.

1. Kaldu tulang

Menurut ahli diet dan kecantikan, Katey Davidson, MScFN., RD., kaldu tulang terbuat dari tulang dan jaringan ikat sehingga mengandung kalsium, magnesium, fosfor, kolagen, glukosamin, kondroitin, dan asam amino. Meskipun tergantung bahan yang dipakai membuat kaldu, tetapi Anda bisa menambahkan tulang yang didapat dari tukang daging yang memiliki reputasi baik.

makanan yang membantu tubuh produksi kolagen
Ilustrasi makanan yang membantu tubuh produksi kolagen (Freepik)

2. Ikan

Ikan memiliki tulang dan ligamen yang terbuat dari kolagen. Beberapa orang mengklaim kolagen makanan dari laut adalah salah satu yang paling mudah diserap tubuh. Menurut tinjauan studi tahun 2023 dilansir Healthline, Minggu, 21 Juli, bentuk kolagen mungkin lebih tersedia secara alami dan sangat membantu untuk kesehatan serta elastisitas kulit. Saran ahli diet Carrie Gabriel, MS., RDN., pada ikan yang paling tinggi kolagen adalah kepala, sisik, atau bola mata.

3. Putih telur

Jika dibandingkan tulang sapi dan ikan, putih telur kandungan kolagennya lebih sedikit. Tetapi putih telur memiliki jumlah prolin yang relatif tinggi. Ini salah satu asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen.

makanan yang membantu tubuh produksi kolagen
Ilustrasi makanan yang membantu tubuh produksi kolagen (Freepik/stockking)

4. Buah jeruk

Siapa yang menyangka kalau buah jeruk bisa membantu tubuh memproduksi kolagen lebih banyak. Ini karena buah jeruk, jeruk bali, jeruk nipis, dan lemon mengandung vitamin C. vitamin ini berperan dalam produksi pro-kolagen, prekursor kolagen tubuh. Artinya, vitamin C membantu tubuh dalam sitesis kolagen. 

5. Buah beri

Buah beri, seperti stroberi, raspberry, blueberry, dan blackberry, semuanya kaya akan nutrisi. Papar Davidson, buah beri juga tinggi antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan. Selain buah beri, mangga, kiwi, nanas, dan jambu biji juga buah yang mendukung tubuh memproduksi kolagen.

6. Bawang putih

Bawang putih dapat menambah lebih dari sekedar rasa dalam masakan. Tetapi juga meningkatkan produksi kolagen tubuh. Menurut Gabriel, bawang putih mengandung sulfur yang tinggi. Ini merupakan mineral yang bantu mensintesis dan mencegah kerusakan kolagen.

7. Sayuran hijau

Sayuran hijau bisa diandalkan untuk hidangan sehat di rumah. Tidak hanya sehat, tetapi bayam, kangkung, dan sayuran untuk salad menawarkan manfaat bagi kulit. Sayuran hijau dikenal karena sifar antioksidannya. Gabriel menjelaskan, penelitian menunjukkan bahwa klorofil meningkatkan prekursor kolagen pada kulit.

8. Tomat

Salah satu makanan yang menjadi sumber vitamin C, adalah tomat. Tomat merupakan nutrisi penting untuk sintesis kolagen. Tomat juga mengandung likopen dalam jumlah besar yang menunjang kulit sehat dan terlindungi dari efek paparan sinar matahari.

Di samping mengkonsumsi makanan yang membantu tubuh produksi kolagen, hindari konsumsi terlalu banyak gula dan karbohidrat olahan. Ini dapat menyebabkan peradangan dan berpotensi menghambat sintesis kolagen.