Bagikan:

YOGYAKARTA – Mendapatkan kulit sehat dan bercahaya, tak melulu dengan memakai serum mahal atau skincare yang branded. Meski diperlukan juga memakai produk perawatan kulit yang paling cocok dan sesuai kondisi kulit, dibutuhkan juga asupan dari dalam. Yaitu dengan mengonsumsi makanan berbasis nabati seperti buah-buahan.

Buah yang baik untuk kesehatan kulit, dikategorikan menjadi tiga. Pertama, buah yang kaya akan vitamin C untuk melawan penuaan dan kekusaman. Kedua, buah yang dipenuhi antioksidan untuk menghalau efek serangan radikal bebas dan ketiga, buah yang banyak mengandung air untuk menjaga kulit terhidrasi cukup. Untuk itu, cek penjelasan dan macam buah yang baik untuk kesehatan kulit berikut ini.

Buah yang mengandung vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi penting untuk produksi kolagen, dilansir Glow+Greens, Senin, 8 Juli. Kulit yang normal melakukan sintesis kolagen untuk penyembuhan luka dan menciptakan skin barrier yang melindungi kulit tetap elastis. Penelitian juga membuktikan bahwa vitamin C membantu melawan kulit kusam dan tanda penuaan atau keriput. Macam buah yang baik untuk kesehatan kulit dan kaya akan vitamin C, antara lain berikut ini:

  1. Jeruk lemon
  2. Jeruk nipis
  3. Jeruk
  4. Jeruk bali
  5. Jambu biji

Secara mengejutkan, jambu biji termasuk dalam buah yang baik untuk kulit. Ini karena kandungan vitamin C dalam jambu biji sangat tinggi atau sekitar 377 mg setiap cangkirnya. Selain itu, jambu biji juga menyeimbangkan produksi minyak pada kulit di area T. Ini dibuktikan bahwa toner yang mengandung jambu biji dapat membantu orang mengurangi sifat berminyak pada zona T dan mengurangi iritasi kulit.

buah yang baik untuk kesehatan kulit
Ilustrasi buah yang baik untuk kesehatan kulit (Freepik/Azerbaijan_stockers)

Buah yang kaya antioksidan

Seperti yang diketahui secara umum, bahwa antioksidan adalah senyawa bermanfaat yang membantu melindungi tubuh, termasuk kulit, sehingga bercahaya dan sehat meski terpaan radikal bebas tak dapat terelakkan.

Radikal bebas dapat melukai kulit sehingga menyebabkan stres oksidatif. Jenis stres ini dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit, kerusakan karena paparan sinar UV, dan kulit kusam tak bercahaya. Untungnya, kulit memiliki skin barrier yang terbentuk dari jaringan antioksidan, vitamin C, vitamin E, glutathione, dan asam urat.

buah yang baik untuk kesehatan kulit
Ilustrasi buah yang baik untuk kesehatan kulit (Freepik/Azerbaijan_stockers)

Antioksidan bekerja melawan stres oksidatif yang sering diakibatkan oleh paparan sinar matahari, paparan polusi udara, dan bahan kimia berbahaya. Buah yang mengandung antioksidan juga kaya akan polifenol, yaitu senyawa yang berperan menghalau tanda-tanda penuaan pada kulit. Nah, buah yang kaya antioksidan, antara lain berikut ini:

  1. Stroberi
  2. Anggur merah
  3. Aprikot
  4. Mangga
  5. Bluberi

Stroberi termasuk buah yang baik untuk kesehatan kulit karena mengandung antioksidan sekaligus polifenol. Faktanya, penelitian membuktikan stroberi mampu melawan tanda penuaan dan meningkatkan efektivitas antioksidan.

Buah yang banyak mengandung air

Kulit yang cukup terhidrasi, akan terlihat bersinar. Cara terbaik untuk memastikan kulit tetap terhidrasi dengan baik adalah dengan minum air putih cukup. Tetapi makanan yang banyak mengandung air juga mensuport cukupnya hidrasi tubuh, khususnya terpancar pada kulit.

Kulit yang cukup terhidrasi, bagian epidermis dan dermis cukup mendapatkan air. Tingkat  hidrasi berperan dalam kemampuan fisiologis yang sehat sehingga kulit bercahaya. Secara alami, dehidrasi berdampak negatif pada kulit. Akibatnya terjadi disfungsi kulit. Untuk itu para ahli merekomendasikan buah yang kaya air berikut ini untuk kesehatan kulit, antara lain:

  1. Mentimun
  2. Tomat
  3. Blewah
  4. Semangka
  5. Apel

Karena buah-buah di atas ini kandungan airnya tinggi, banyak pula dipakai untuk masker wajah. Secara keseluruhan, limabelas macam buah yang baik untuk kesehatan kulit di atas, bisa Anda manfaatkan seoptimal mungkin. Selain dikonsumsi segar, bisa juga diolah menjadi jus tetapi hindari menambahkan pemanis buatan. Bisa juga diolah menjadi pasta untuk masker wajah.