Bagikan:

JAKARTA - Korea Selatan selalu punya cara menarik dalam mengadaptasi sejarah ke dalam sebuah narasi layar lebar. Land of Happiness menjadi film terbaru Choo Chang Min yang menandai film terakhir Lee Sun Kyun dalam industri akting.

Land of Happiness juga dibintangi Jo Jung Suk yang tahun ini bersinar berkat film box office, Pilot. Ceritanya merupakan kisah nyata dari salah satu kejadian sejarah di Korea Selatan.

Land of Happiness menceritakan Park Tae Ju (Lee Sun Kyun), seorang Kolonel yang mendapat penghakiman setelah dituding membunuh Presiden Park Chung Hee pada 26 Oktober 1979. Park Tae Ju akan menjalani persidangan satu tingkat yang menentukan status Park Tae Ju.

Jung In Hu (Jo Jung Suk) adalah seorang pengacara yang dikenal dengan mulutnya yang pandai. Jung In Hu memenangkan berbagai kasus berkat pribadinya yang culas hingga ia mendapat tawaran membela Park Tae Ju.

Jung In Hu mengambil tawaran itu demi popularitas, namun In Hu mulai menyadari bahwa proses hukum yang tidak adil mempersulitnya untuk memenangkan Park Tae Ju. Ia berhadapan dengan situasi sulit termasuk fakta Park Tae Ju hanya ingin persidangan satu tingkat karena ia adalah anggota militer.

Land of Happiness adalah film Korea terbaru yang menceritakan pembunuhan Presiden Park Chung Hee di antaranya The Man Standing Next (2020) dan 12.12 The Day (2023). Dari ketiganya, film ini menceritakan insiden pembunuhan dari sudut pandang berbeda.

Tidak tahu apa yang dimaksud dari “Happiness” itu karena film ini penuh dengan ketegangan dan intensitas yang besar. Situasi politik Korea Selatan yang menampilkan para karakter dengan moralitas mereka dalam menentukan posisi terhadap kasus ini.

Jo Jung Suk sebagai pengacara memiliki ritme yang berbeda dengan Lee Sun Kyun sebagai tahanan. Awalnya karakter Jo Jung Suk dibuat secara comical dengan penuh ekspresi dan canda, hingga mereka bertemu di garis utama.

Lee Sun Kyun - Jo Jung Suk (ITS NEW)

Kolaborasi antara keduanya menjadikan chemistry sepanjang film penuh dengan perkembangan yang menarik. Keduanya semacam bercermin terhadap masa lalu dalam diri mereka masing-masing. Chemistry mereka menciptakan sisi emosional yang jadi mengharukan.

Penonton dibuat emosi dan turut merasakan kesulitan Jung In Hu untuk mempertaruhkan hidup demi membela Park Tae Ju. Tangisan Jung In Hu dengan lancar ditampilkan Jo Jung Suk yang menandakan depresinya untuk perjuangannya,

Karena film ini menyangkut sejarah, maka akhir ceritanya mungkin bisa ditebak. Namun, proses menuju bagian akhir yang penuh haru membuat penonton turut merasakan Jung In Hu.

Land of Happiness menjadi film Korea terbaru yang menampilkan kisah perjuangan demokrasi seorang pengacara. Selain keduanya, film ini diperankan Woo Hyun, Jeon Bae Soo, Choi Won Young, Park Hoon, hingga Jin Ki Joo.

Film Land of Happiness tayang di bioskop Indonesia mulai Rabu, 4 September.