Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak cara untuk tetap menggerakkan badan. Selain olahraga, menari juga bisa jadi pilihan. Kalau Anda mencari aktivitas menyenangkan untuk tubuh aktif bergerak, menari banyak manfaatnya lho. Secara umum, dikatakan bahwa menari baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Secara spesifik, berikut manfaatnya menggerakkan tubuh mengikuti musik yang ritmis atau menari.

1. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Menurut pelatih pribadi di International Sports Science Association (ISSA), Julie Granger, menari adalah olahraga terbaik. Karena tidak hanya melibatkan semua otot dan anggota tubuh, tetapi juga membuat jantung Anda berdebar kencang. Menurut penelitian di American Journal of Preventive Medicine, orang yang rutin menari dengan intesitas sedang memiliki kemungkinan 46 persen lebih kecil terkena penyakit jantung atau meninggal karena penyakit ini.

Penelitian di atas, mencatat bahwa menari memiliki aspek positif pada segi sosial dan gerakan. Selain baik untuk relaksasi, baik juga untuk kesehatan jantung.

manfaat menari untuk kardiovaskular dan otak
Ilustrasi manfaat menari untuk kardiovaskular (Freepik)

2. Meningkatkan fleksibilitas

Seorang ahli bedah ortopedi kedokteran olahraga di Yale Medicine, Elizabeth C Gardner, MD., selain membangun kekuatan, banyak bentuk tarian meregangkan anggota tubuh. Dengan begitu, dapat meningkatkan fleksibilitas. Peningkatan kekuatan dan fleksibilitas berkontribusi meningkatkan keseimbangan dan membantu menghindari risiko jatuh serta cedera.

3. Membangun core atau kekuatan inti tubuh

Menari membutuhkan keseimbangan dan membantu membangun core. Selain juga memperbaiki postur, mencegah cedera otot, dan nyeri punggung, dilansir Mayo Clinic. Misalnya dalam balet yang dijelaskan Granger, bahwa Anda perlu berlatih diam dengan satu kaki. Ini membnatu melatih otot dalam tubuh. Menari juga melatih otot perut yang merupakan bagian penting menjaga keseimbangan.

4. Baik untuk kesehatan tulang

Ketika menari, tubuh menahan beban dan membantu menjaga kepadatan tulang. Menurut National Osteoporosis Foundation, olahraga menahan beban, termasuk dalam beberapa jenis tarian, membantu Anda secara efektif mempertahankan dan membangun massa tulang baru.

manfaat kardiovaskular dan otak
Ilustrasi manfaat menari untuk kesehatan mental (Freepik/lookstudio)

5. Menjaga kesehatan mental

Penelitian menunjukkan bahwa tari dapat membantu mengurangi kecemasan, meningkatkan harga diri, dan meningkatkan kesejahteraan psikologis. Penelitian diterbitkan dalam Frontiers in Psychology dilansir EverydayHealth, Senin, 2 September, menari adalah psikoterapi untuk meningkatkan integrasi emosional, sosial, kognitif, dan fisik seseorang.

6. Terhubung secara sosial

Ikut group menari, membuat kita terhubung dan tetap berinteraksi secara sosial. Ini sangat penting bagi kesehatan mental dan fisik. Karena penelitian membuktikan, kesepian atau terisolasi secara sosial menimbulkan berbagai efek negatif pada kesehatan.

“Menari berarti berbagi, dan saat Anda mengikuti kelas bersama orang lain, Anda tahu bahwa Anda semua memiliki kesamaan. Anda di sini tidak untuk berkompetisi, tetapi untuk menikmati, dan ada perasaan luar biasa yang menyertainya,” kata Granger.

manfaat menari untuk kardiovaskular dan otak
Ilustrasi manfaat menari untuk kardiovaskular (Freepik)

7. Membantu menurunkan berat badan

Menari juga merupakan bentuk latihan aerobik dan anaerobik, yang merupakan pembakar kalori yang hebat, kata dokter Gardner. Gerakan melompat dan berputar merupakan latihan aerobik yang bagus. Sementara gerakan yang membutuhkan keseimbangan, dapat mengaktifkan sistem anaerobik.

Secara umum, semakin cepat gaya tarian, semakin banyak kalori dan energi yang akan dibakar. Menari selama 30 menit, bisa membakar antara 90-252 kalori. Jika Anda ingin memaksimalkan pembakaran kalori, Granger menyarankan untuk mengikuti kelas kardio tari, yang dirancang untuk membakar kalori dan meningkatkan kebugaran fisik.

8. Mencegah kehilangan memori

Apakah Anda sering lupa atau sulit fokus dan mengingat? Menari bisa jadi pilihan untuk membantu mencegah penurunan kognitif. Menurut ahli saraf di Yale Medicine, Carolyn Fredericks, MD., beberapa bukti menunjukkan bahwa menari dalam group mengurangi risiko penurunan kognitif seiring bertambahnya usia. Selain menari, bisa juga berjalan kaki, berenang, bersepeda, dan olahraga berkelompok lainnya. Penting pula diketahui, menari dikaitkan dengan risiko demensia lebih rendah.

9. Menghilangkan stres

Saat Anda mengalami hari yang berat, banyak tugas dan hal yang harus diselesaikan, bisa memutar lagi sedikit naik beat-nya dan gerakkan tubuh mengikuti irama. Bergerak dapat membantu menghilangkan stres, termasuk menari.

Penelitian yang diterbitkan dalam The International Journal on the Biology of Stres, menemukan bahwa menari memengaruhi respons kebangkitan kortisol yang jadi penanda stres kronis. Dengan menari, atau aktivitas aerobik intensitas tinggi, membuat tubuh bertahan di tengah banjirnya kortisol.

Setelah mengetahui manfaat menari yang baik untuk kardiovaskular, kognitif, psikologis, dan fisik secara umum, tertarik untuk mulai ikut kelas menari? Sebelum mengikuti kelas, penting kiranya untuk cek ke dokter terlebih dahulu mengenai kondisi tubuh Anda. Supaya dokter memberikan rekomendasi terbaik mengenai batasan dan saran olahraga terbaik sesuai kondisi tubuh.