6 Manfaat Treadmill Setiap Hari, Meningkatkan Kesehatan Fisik hingga Mental
Ilustrasi manfaat treadmill setiap hari (Unsplash/@intenzafitness)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Treadmill menjadi alat yang cukup sering digunakan oleh orang-orang yang pergi ke gym atau tempat fitnes. Bahkan banyak juga orang yang membeli treadmill untuk alat olahraga di rumah. Ada beberapa manfaat melakukan treadmill setiap hari. 

Treadmill adalah alat yang digunakan untuk olahraga lari atau jalan tanpa harus berpindah tempat. Dengan memakai treadmill anda melakukan olahraga lari atau jalan di tempat. Alat ini memiliki banyak fitur dimana anda bisa mengatur kecepatan dan jarak tempuh yang diinginkan. 

Treadmill cocok bagi anda yang ingin melakukan olahraga kardio. Jadi memakai treadmill membantu anda membakar kalori dan menyehatkan jantung serta paru-paru. Treadmill menjadi alternatif media olahraga bagi anda yang malas keluar rumah atau olahraga di luar ruangan. 

Manfaat Treadmill Setiap Hari

Ada banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika anda berolahraga menggunakan treadmill. Manfaat tersebut akan semakin terasa ketika anda melakukannya secara rutin setiap hari. 

Menurunkan Berat Badan

Salah satu tujuan orang berolahraga menggunakan treadmill karena ingin menurunkan berat badan. Berlari atau jalan di atas treadmill membantu membakar lemak secara cepat dan efektif. Olahraga ini cukup dengan menggerakkan kaki, llutut dan persendian tanpa harus keluar ruangan. 

Selain itu, latihan ini membakar kalori lebih cepat daripada latihan aerobik lainnya. Untuk membakar kalori lebih cepat, Anda hanya perlu berlari lebih lama dan lebih cepat di mesin. Pelatih kebugaran menyarankan anda untuk melakukan 150 menit  atau 75 menit per minggu. 

Meningkatkan Kekuatan Otot

Tak banyak yang menyangka jika olahraga menggunakan treadmill juga bermanfaat untuk melatih kekuatan otot. Treadmill memang lebih digunakan untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Namun alat ini bisa juga untuk memperkuat otot glutes, paha, dan betis.

Ada banyak otot yang bekerja ketika anda lari atau berjalan di atas treadmill. Misalnya dengan meregangkan betis dan glutes, dapat membantu mengencangkan otot bokong, kaki, dan paha Anda. Selain itu, olahraga ini juga membantu mengencangkan otot perut Anda.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat utama dari olahraga treadmill adalah untuk latihan kardiovaskular, meningkatkan kesehatan jantung. Gerakan lari atau joging di atas treadmill akan mempertahankan detak jantung konstan.

Latihan treadmill adalah latihan aerobik/kardio. Sebuah penelitian menunjukkan latihan aerobik dapat meminimalkan risiko penyakit jantung dan memperkuat otot jantung. Selain itu, olahraga ini juga membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah, mencegah penyumbatan arteri. 

Menjaga Kesehatan Mental

Olahraga memakai treadmill tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, namun juga baik untuk kesehatan mental. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang olahraga secara teratur memiliki tingkat depresi yang lebih rendah.

Olahraga di atas treadmill juga cukup signifikan meningkatkan suasana hati, sehingga kesehatan mental lebih terjaga. Lari memakai treadmill dapat memicu pelepasan endorfin. Endorfin merupakan reaksi kimia sistem saraf yang menciptakan kebahagiaan. Selain itu, olahraga ini juga meningkatkan sensitivitas otak terhadap hormon norepinefrin dan serotonin. 

Meningkatkan Kinerja dan Memori Otak

Olahraga menggunakan treadmill juga bermanfaat bagi kesehatan otak. Dampak ini sangat bagus bagi orang yang berusia di atas 30 tahun, dimana kinerja pikiran dan daya ingat mulai menurun. Sebuah penilitian menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan fungsi otak dan mencegah melemahnya memori.

Olahraga kardiovaskular berfungsi meningkatkan denyut jantung yang mendorong pergerakan darah dan oksigen ke otak. Proses tersebut merangsang produksi hormon yang mendorong sel-sel otak untuk tumbuh. Selain itu, olahraga teratur dapat mengurangi potensi skizofrenia dan penyakit Alzheimer.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat lain dari olahraga di atas treadmill yakni membantu meningkatkan kualitas tidur. Ativitas kardiovaskular meningkatkan pelepasan melatonin sehingga efeknya membuat anda dapat tidur lebih nyenyak.

Sebuah penilitian dilakukan pada 17 orang pengidap insomnia untuk melakukan aktivitas fisik selama 16 minggu. Hasilnya para peserta bisa tidur lebih nyenyak dan lebih lama. Latihan treadmill yang menguras energi juga merangsang proses terapeutik selama tidur. 

Itulah beberapa manfaat treadmill setiap hari. Selain kesehatan fisik, olahraga treadmill terbukti membantu meningkatkan kesehatan mental dan otak. Kuncinya adalah dengan melakukannya secara rutin dan konsisten. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.