6 Manfaat Lari Malam bagi Kesehatan Fisik dan Mental, Tidak Berisiko Asalkan Sewajarnya
Manfaat lari malam

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak orang baru bisa berolahraga di malam hari karena dari pagi hingga sore sibuk bekerja. Salah satu olahraga yang kerap dilakukan saat malam adalah lari atau jogging. Manfaat lari malam ternyata tidak hanya berdampak baik bagi kesehatan tubuh, namun juga meningkatkan mental health. 

Namun tidak sedikit orang yang masih ragu atau khawatir melakukan olahraga di waktu malam karena takut dengan efek sampingnya. Sebenarnya apabila aktivitas ini dilakukan secara tidak berlebihan dan menyesuaikan kondisi tubuh maka tidak akan menimbulkan dampak buruk. Lantas apa saja manfaat lari malam bagi Anda yang ingin berolahraga sepulang kerja?

Manfaat Lari Malam bagi Kesehatan

Sebagai motivasi atau meningkatkan semangat untuk olahraga, berikut ini beberapa manfaat lari malam yang perlu Anda tahu:

Meningkatkan Kualitas Tidur

Berdasarkan penelitian jurnal Experimental Physiology, olahraga di malam hari dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Orang yang menjalani olahraga malam hari bisa tidur lebih cepat, meningkatkan durasi tidur, hingga mengurangi potensi terbangun di malam hari. 

Setelah lari malam, pikiran jadi lebih tenang dan rileks sehingga siap diajak untuk tidur. Selain itu, efek lari malam juga memicu kenaikan tajam suhu tubuh diikuti dengan pendinginan bertahap meniru ritme sirkadian sehingga jadi mudah terlelap. 

Memperlambat Penuaan

Lari pada malam hari juga bermanfaat untuk memperlambat penuaan. Berdasarkan studi dalam jurnal Preventive Medicine, disebutkan bahwa olahraga mempengaruhi bentuk kromosom. Orang yang berusia lebih panjang memiliki telomer (pada kromosom) yang lebih baik.

Individu yang menjalani olahraga secara teratur memiliki telomer rata-rata 140 pasangan basa yang lebih panjang dibanding yang jarang bergerak. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa olahraga dapat memperlambat penuaan dari bentuk telomer. . 

Mengurangi Risiko Serangan Jantung dan Stroke

Banyak orang khawatir melakukan olahraga malam karena takut mengalami serangan jantung. Padahal olahraga malam hari juga bermanfaat untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Dengan catatan lari malam dilakukan dalam batas wajar atau tidak berlebihan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga selama 30 menit setiap hari memberi efek baik pada kesehatan jantung. 

Meningkatkan Performa

Manfaat lain dari lari di malam hari adalah dapat meningkatkan performa tubuh. Sebuah penelitian pernah dilakukan pada 2013 untuk menganalisis partisipan studi dapat berolahraga 20% lebih keras dan lebih lama di malam hari dibandingkan waktu pagi. Sebab olahraga malam mampu menghasilkan asupan oksigen lebih banyak dan kapasitas anaerobik lebih optimal. 

Membantu Meredakan Depresi

Lari malam tidak hanya baik bagi kesehatan fisik, namun juga memberi pengaruh positif pada kesehatan mental. Berdasarkan publikasi Harvard Health, olahraga malam terbukti mampu mengatasi depresi. Ahli saraf menyebutkan bahwa hipokampus (wilayah otak yang mengatur suasana hati) menjadi lebih kecil pada orang yang sedang depresi. 

Kegiatan olahraga dapat mendukung pertumbuhan sel saraf di hipokampus dan meningkatkan keterhubungan sel saraf. Itulah mengapa olahraga menjadi salah satu cara ampuh untuk meredakan depresi. 

Meluapkan Energi yang Terpendam

Lari atau olahraga malam juga bisa menjadi media untuk meluapkan energi yang terpendam. Olahraga pagi memang berperan baik sebagai stimulus dan membangun energi positif untuk memulai aktivitas harian. Sementara olahraga malam bermanfaat sebagai penyaluran atau luapan energi setelah stres beraktivitas seharian. 

Demikianlah beberapa manfaat lari malam bagi kesehatan fisik maupun mental. Meski disebut memiliki risiko tertentu, namun apabila lari malam dilakukan dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan maka memberikan banyak manfaat positif. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.