Bagikan:

YOGYAKARTA – Aerobik adalah aktivitas atau latihan yang menggabungkan kekuatan dan peregangan dengan gerakan ritmis. Secara umum, aktivitas aerobik membantu meningkatkan efisiensi penggunaan oksigen dan kerja kardiovaskular tubuh. Aktivitas aerobik untuk anak-anak antara lain seperti berlari, lompat tali, sepatu roda atau skateboarding, bersepeda, menari, mendaki, dan main hula hoop. Manfaat aktivitas aerobik untuk anak-anak yang perlu diketahui ortu, ini penjelasannya.

1. Menyehatkan jantung dan paru-paru

Saat beraktivitas aerobik, oksigen lebih banyak dibutuhkan untuk mendukung kerja otot-otot. Laju pernapasan kemudian meningkat, denyut jantung juga lebih cepat, hasilnya dapat meningkatkan kebugaran apabila dilakukan rutin. Bagi anak-anak, aktivitas aerobik bermanfaat untuk kebugaran kardiovaskular, risiko penyakit jantung dan diabetes lebih rendah.

manfaat aktivitas aerobik untuk anak-anak
Ilustrasi manfaat aktivitas aerobik untuk anak-anak (Freepik/fxquadro)

2. Menjaga berat badan seimbang

Obesitas terjadi karena banyak makan kalori tetapi rendah pembakaran energi. Aktivitas aerobik membantu membakar lebih banyak kalori daripada olahraga ringan. Jadi dengan aktivitas ini, mencegah anak dari kenaikan berat badan berlebih dan menjadi obesitas.

3. Memperkuat otot dan tulang

Menurut penelitian, setelah empat minggu melakukan aktivitas aerobik secara rutin meningkatkan produksi protein otot rangka. Ini berarti, aerobik tidak hanya membantu membakar tumpukan kalori tetapi juga membantu membangun otot. Melansir Mom Junction, Rabu, 2 Oktober, aktivitas aerobik juga menguatkan tulang. Ketika Anda mendorong anak Anda untuk melakukan aerobik, Anda mungkin membantu mereka membangun tulang yang lebih kuat.

4. Detoksifikasi tubuh

Alih-alih duduk dan rebahan bermain gawai, lebih baik memotong waktu duduk untuk melakukan aktivitas aerobik. Karena aktivitas ini bermanfaat mengeluarkan racun dalam tubuh melalui keringat, air mata, dan urine. Dengan begitu, hati lebih bersih, kesehatan kulit meningkat, dan berkontribusi pada kesehatan secara keseluruhan.

manfaat aktivitas aerobik untuk anak-anak
Ilustrasi manfaat aktivitas aerobik untuk anak-anak (Freepik)

5. Membangun kekebalan tubuh

Selain mencukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi dari makanan, penting juga membangun kekebalan tubuh dengan aktivitas aerobik secara rutin. Sejumlah penelitian menunjukkan, latihan aerobik sedang berkaitan dengan mengubah konsentrasi sel darah putih dan antibodi melawan penyakit yang berperan dalam tingkat kekebalan tubuh anak.

6. Meningkatkan keterampilan sosial

Aerobik bisa dilakukan berkelompok di dalam atau luar ruangan yang meningkatkan pembentukan tim. Ketika anak-anak Anda pergi ke kelas aerobik, mereka akan bertemu banyak anak sehingga membantu mereka mengembangkan keterampilan bersosialisasi. Ini juga bisa membangun keterampilan sosial untuk anak pemalu atau khawatir tentang bersosialisasi.

7. Prestasi akademis lebih baik

Belajar dengan tekun memang penting, tetapi harus didukung kebugaran tubuh yang mengembangkan pikiran cemerlang. Penelitian telah menunjukkan bahwa aerobik teratur dapat membantu anak-anak lebih fokus dan membuat mereka tidak impulsif. Aerobik juga meningkatkan produksi faktor neurotropik yang berasal dari otak, yang sangat penting untuk pertumbuhan sel otak.

8. Untuk bersenang-senang

Seperti melakukan hobi tertentu, anak juga bisa bersenang-senang saat aktivitas aerobik. Karena saat latihan, anak-anak bisa eksplorasi dan menemukan banyak hal. Aktivitas aerobik bisa dimulai saat anak berusia enam tahun lebih.

Selain manfaat aerobik untuk anak-anak seperti yang dijelaskan di atas, aktivitas ini juga membantu anak tetap melakukan kegiatan fisik. Pasalnya, menurut penelitian tahun 2017, atkvitas fisik anak-anak di Amerika baik laki-laki dan perempuan menurun setiap tahunnya. Tentu saja efeknya tidak hanya pada kesehatan fisik, tetapi juga mental. Oleh karena itu, penting ortu ketahui manfaat aktivitas fisik guna mendorong anak-anak untuk tetap tumbuh sehat secara keseluruhan.