Penyebab Badan Lemas setelah Berenang, Otot Pegal dan Terasa Ngantuk
Penyebab badan lemas setelah berenang (Freepik).

Bagikan:

YOGYAKARTA - Renang merupakan olahraga air yang digemari oleh berbagai kalangan, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Selain bermanfaat baik bagi kebugaran fisik, renang juga membuat pikiran jadi lebih fresh. Namun, biasanya setelah berenang, badan akan terasa lemas hingga pegal-pegal. Lantas apa penyebab badan lemas setelah berenang?

Meski berenang sangat menyenangkan dan mengasyikan, banyak orang mengeluhkan kondisi badannya yang lemas dan mengantuk setelah berenang. Bukannya badan menjadi segar, melainkan merasa ngantuk dan pegal-pegal usai berenang. Bagi Anda yang kerap mengalami hal ini, penting untuk tahu penyebab badan lemas setelah berenang. 

Penyebab Badan Lemas setelah Berenang

Berenang kerap dijadikan kegiatan untuk refreshing dari kesibukan bekerja dan mengisi waktu libur. Badan yang bersentuhan dan terendam dalam air memang memberikan sensasi yang menyegarkan. Namun, setelah berenang dan pulang ke rumah, banyak orang merasa lemas dan mengantuk. 

Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan badan lemas dan ngantuk setelah berenang:

Penggunaan Otot-Otot Utama Tubuh

Olahraga renang mengharuskan Anda menggerakkan otot-otot utama pada tubuh. Saat berenang, sejumlah otot dalam tubuh Anda akan bekerja mulai dari otot perut, bisep, trisep, paha, pinggul, hingga tungkai kaki. 

Apa pun gaya renang yang Anda lakukan, semua otot-otot utama pada tubuh akan terlibat. Bahkan bagian otot bahu, otot punggung, dan otot dada pun turut berfungsi ketika Anda melakukan gerakan renang. 

Penggunaan otot-otot utama tubuh Anda tersebut menjadi salah satu penyebab badan lemas setelah berenang. Selain itu, efeknya juga bisa membuat badan Anda pegal dan merasa ngantuk. Meskipun saat tubuh berada di kolam renang terasa nyaman dan menyegarkan, setelah selesai berenang badan baru merasakan lelah dan mengantuk.

Otot Tubuh Bekerja Lebih Keras

Selain penggunaan otot-otot utama, berenang juga membuat otot dalam tubuh Anda bekerja lebih keras. Kondisi inilah yang menjadi faktor penyebab badan Anda terasa lemas hingga pegal-pegal usai berenang.

Apalagi jika Anda berenang di kolam yang cukup dalam dan dalam waktu lama. Saat berenang di kolam dalam, tubuh akan mengalami tekanan lebih besar sehingga memaksa otot bekerja lebih ekstra melawan gaya apung. Begitu pun ketika Anda berenang dalam waktu lama, maka otot-otot dalam tubuh bisa kelelahan karena aktif bergerak terus-menerus. 

Energi Terkuras Banyak

Renang termasuk olahraga aerobik atau aktivitas olahraga yang melibatkan kerja pernapasan. Olahraga ini membutuhkan energi yang cukup besar karena otot bergerak intens selama beberapa waktu. Jadi, saat melakukan olahraga ini, energi yang Anda keluarkan tidaklah sedikit. 

Gerakan renang menguras cukup banyak energi karena Anda perlu bergerak bebas dan berpindah tempat. Selain itu, otot-otot tubuh mesti melawan gaya apung air yang berat dan bekerja dalam waktu lama. Jadi, jangan heran jika Anda merasa lelah dan ngantuk setelah berenang. Kondisi ini merupakan hal wajar karena energi Anda sudah habis digunakan untuk berenang. 

Suhu Air Kolam Renang dan Kandungan Kaporit

Faktor lain yang bisa menyebabkan badan lemas dan ngantuk setelah berenang adalah suhu air kolam. Temperatur air kolam bisa memengaruhi rasa kantuk setelah berenang. Air dingin dapat membuat otot-otot tegang karena kurangnya suplai aliran darah. 

Ketika otot-otot tegang karena pengaruh suhu dingin air kolam renang, tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk kembali menaikkan suhu. Sementara itu, air hangat akan membuat suhu badan meningkat. Suhu badan yang meninggi bisa menimbulkan efek lelah dan mengantuk setelah berenang.  

Selain suhu air, kandungan kaporit di kolam renang juga bisa menyebabkan tubuh terasa lelah setelah berenang. Penggunaan kaporit ini dilakukan untuk menjaga kejernihan dan kebersihan kolam renang. Kandungan zat kimia ini bisa memengaruhi fungsi paru-paru sehingga pernapasan Anda akan bermasalah dan tubuh menjadi letih.

Demikianlah beberapa penyebab badan lemas setelah berenang. Selain rasa letih di badan, Anda juga bisa mengalami pegal-pegal dan mudah mengantuk usai berenang. Baca juga artikel cara agar nafas panjang saat berenang

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.