Bagikan:

JAKARTA - Ganda putra Indonesia, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, harus menerima kekalahan dari Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen di BWF World Tour Finals 2023. Meski begitu, kekalahan ini malah berbuah manis bagi kompatriot mereka, Fajar Alfian/Muhammad Rian.

Tampil di Hangzhou Olympic Sports Expo Center di Hangzhou, China, pada Jumat, 15 Desember 2023, Bagas/Fikri kalah dalam dua gim langsung. Mereka tumbang dari Kim/Anders dengan skor akhir 17-21 dan 6-21.

Sejak awal laga, penampilan Bagas/Fikri memang terlihat kurang percaya diri. Keduanya bahkan tertinggal tiga angka di awal dan terus berlanjut hingga interval pertama dengan skor 7-11.

Setelah jeda, Bagas/Fikri berupaya mengejar selisih, tapi mereka masih terlihat kesulitan. Ganda putra Indonesia ini bahkan sempat berjarak tujuh angka pada kedudukan 10-17.

Setelah itu perbaikan mulai dilakukan Bagas/Fikri, tiga poin beruntun berhasil direbut demi memperkecil ketinggalan. Mereka juga mendekat di skor 16-19.

Namun, Kim Astrup/Rasmussen malah merebut game point di angka 20-16 usai mereka memenangi reli sengit.

Bagas/Fikri bisa menggagalkan kesempatan pertama lawan dengan baik. Namun, setelah itu mereka tak kuasa menahan serangan Kim/Rasmussen dan kalah dengan skor 17-21 di gim pertama.

Pada gim kedua, Bagas/Fikri tak banyak berubah karena upaya mereka untuk membalikkan keadaan nihil hasil. Mereka tertinggal 4-11 di interval.

Seusai interval, tidak ada perubahan berarti dari segi permainan Bagas/Fikri dan malah membuat Kim/Rasmussen bisa merebut lima poin beruntun dan unggul 16-4.

Kim/Rasmussen tanpa kesulitan berarti meraih match point di angka 20-6 dan langsung menyelesaikan pertandingan di kesempatan pertama dengan kemenangan 21-6.

Kemenangan Kim/Rasmussen juga berdampak pada posisi Fajar/Rian. Fajar/Rian dipastikan jadi juara grup setelah wakil Denmark itu mengalahkan Bagas/Fikri.

Fajar/Rian unggul selisih gim (5-2) melawan Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae (5-3), dan Kim/Rasmussen (4-3) saat ketiganya sama-sama mengantongi dua kemenangan.