VIDEO: Penyebab Tetap Mengantuk Meski Sudah Memiliki Tidur yang Cukup
VIDEO: Penyebab Tetap Mengantuk Meski Sudah Memiliki Tidur yang Cukup. (Tim grafis Video VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Mungkin ada yang merasakan sudah tidur selama 7-8 jam saat malam hari namun tetap merasa ngantuk saat pagi atau siang hari. Biasanya ini disebabkan karena masalah kesehatan fisik maupun keadaan mental seseorang. Dikutip dari website voi.id, berikut ini adalah beberapa penyebab rasa kantuk meski sudah memiliki tidur yang cukup di malam hari.

Pertama karena tubuh kekurangan cairan. Kurangnya asupan cairan atau dehidrasi akan membuat otak kurang fokus hingga muda mengantuk. Kurang cairan juga menyebabkan badan lemas karena organ tubuh bekerja lebih ekstra dan menguras energi.

Kedua karena 'mager; atau malas gerak. Badan yang tidak aktif bergerak akan mudah mengantuk dan merasa Lelah sehingga tubuh tidak berenergi dan jadi mudah mengantuk. Ketiga karena tidak sarapan. Ketika seseorang melewatkan makan pagi, maka ia melewatkan asupan energi untuk menjalankan aktivitas. Badan jadi kekurangan energi dan menyebabkan tubuh lemas dan mengantuk.

Keempat karena sleep apnea. Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang terjadi Ketika nafas berhenti sementara saat tertidur. Kelima karena restless legs syndrome. Yaitu kondisi yang terjadi karena sensasi tidak nyaman di area kaki, sehingga mengganggu kualitas tidur di malam hari.

Keenam karena narkolepsi. Keadaan yang bisa membuat seseorang tertidur dengan sendirinya secara mendadak. Saat kondisi ini terjadi, orang tersebut akan merasakan tubuhnya seolah lumpuh atau tidak bisa bergerak.

Penyebab terakhir adalah karena kelelahan kronis. Keadaan ini disebut juga chronic fatigue syndrome, yaitu kondisi lemas, lesu, Lelah dan mengantuk. Disertai dengan gejala nyeri otot dan susah berkonsentrasi dalam waktu lama. Pulang tepat waktu dan mendapat istirahat yang cukup serta berkualitas adalah hal yang utama. Agar kita bisa tetap produktif di tempat kerja. Mampu membagi waktu dengan baik dan mencicil pekerjaan bisa menghemat waktu dan meringankan beban pekerjaan. Simak videonya berikut ini.