Menikah Membuat Hidup Lebih Bahagia, Benarkah?
Ilustrasi pasangan menikah (Unsplash/Jane Duursma)

Bagikan:

JAKARTA - Setiap orang berhak menentukan pilihan hidupnya. Termasuk memilih untuk memiliki pasangan ketimbang single. Seorang terapis dan penulis, Barton Goldsmith, Ph.d., LMFT memaparkan bahwa alasan seseorang mempunyai pasangan adalah untuk merasa lebih bahagia.

Berdasarkan data statistik yang dilansir dari Psychology Today, Jumat, 26 Maret, menunjukkan bahwa pernikahan membuat usia hidup seseorang lebih panjang dibanding sebaliknya. Menjadi single mungkin pilihan besar bagi seseorang dan tidak keliru.

Tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi dalam kehidupan berpasangan dilatarbelakangi 7 alasan di bawah ini.

Meraih pencapaian akan lebih mudah

Dengan mencintai dan atau dicintai membuat pencapaian hidup digapai dengan lebih mudah. Ketika mempunyai visi atau cita-cita dalam hidup, bukankah lebih mudah jika ada orang yang mendukung? Ya, ini alasan pertama menikah bikin lebih bahagia.

Hubungan pernikahan yang harmonis tidak akan membuat seseorang merasa berjuang sendirian karena memeroleh support dari pasangan dan setiap capaian ada yang mengapresiasi.

Kondisi perasaan lebih baik

Seringkali orang merelakan banyak energi untuk mendukung orang tercinta dan ini jadi alasan seseorang memilih berpasangan. Ketika Anda melakukan sesuatu demi pasangan tanpa perhitungan, maka kondisi perasaan lebih hangat dan merasa lebih baik.

Punya motivasi

Acap kali alasan punya pasangan itu sederhana atau bahkan tak terjelaskan. Misalnya ketika hidup tidak memiliki tujuan atau rencana pencapaian, maka butuh motivasi untuk menyusun sebuah rencana.

Ego seimbang

Seseorang bisa jadi keras kepala ketika mengambil keputusan untuk dirinya sendiri. Namun, ketika berpasangan seseorang akan mempertimbangkan berbagai hal yang berkaitan dengan pasangannya. Itu artinya, memilih berpasangan dapat mengontrol ego seseorang dan jadi lebih toleran.

Punya alasan melakukan sesuatu

Hal yang paling manis adalah memutuskan hal besar untuk terus bersama pasangan. Ini bisa membuat seseorang membuat upaya-upaya berharga dan tidak hilang arah.

Lebih mengenali diri sendiri

Tidak sedikit orang yang kurang memahami kemampuan dan kelebihannya karena tidak ada feedback dari pihak lain. Ketika mempunyai pasangan, masukan dan saran akan diperoleh untuk menjadi manusia yang lebih baik.

Bahkan dengan memilih berpasangan, seseorang dapat menyadari bahwa ia mempunyai kemampuan lebih lewat cerminan dari pasangan.

Memiliki harapan dan kehangatan

Orang yang dingin dan tidak berperasaan bisa jadi karena kurang menikmati hidup. Nah, memiliki pasangan membuat seseorang mulai membangun harapan dan kehangatan karena hidup tidak dinikmati sendiri atau kebahagiaan dibagi bersama orang terkasih.