Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat perut terasa kembung dan mengoleskan minyak angin tidak mengeluarkan gas dalam perut, beberapa pose yoga bisa membantu. Penumpukan gas, bisa dialami karena banyak makan-makanan jenis cruciferous (termasuk brokoli, kubis, kale), kurang makan serat, bisa juga karena masuk angin. Untuk bantu mengeluarkan gas, lakukan pose yoga berikut ini.

1. Child’s pose

Child’s pose atau pose anak, membantu mengendurkan otot-otot pinggul, punggung bawah, dan sekitar perut. Pose ini dapat membantu transit pencernaan dan mengeluarkan gas.

Child’s pose termasuk pose dasar yang membantu mengeluarkan gas melalui usus. Cara melakukan pose ini, pertama, ambillah posisi berlutut di lantai. Letakkan kedua telapak tangan tepat di bawah bahu. Kedua, condongkan tubuh ke belakang dengan pinggul dan bolong bawah (atau tulang duduk) menempel pada bagian belakang kaki. Saat melakukannya, rentangkan lengan di depan tubuh dan siku tetap lurus tidak menempel lantai. Sedangkan dahi, menempel lantai sementara perut menempel paha. Pose ini membantu menekan perut secara lembut tetapi punggung rileks.

pose yoga bantu mengeluarkan gas saat perut terasa kembung
Ilustrasi pose yoga bantu mengeluarkan gas saat perut terasa kembung (Freepik)

2. Pose lutut menempel dada

Pose ini membantu meregangkan punggung bawah dan pinggul. Langkah-langkah melakukannya, awali dengan ambil posisi berbaring telentang. Lalu angkat kaki dan tekuk lutut sampai mendekati dada. Saat melakukan pose ini, tekuk dagu ke dada.

3. Happy baby pose

Happy baby pose, atau pose bayi bahagia, membantu meredakan tegangan di punggung bawah dan selangkangan. Pose ini juga membantu melepaskan gas dari dalam usus.

pose yoga bantu mengeluarkan gas saat perut terasa kembung
Ilustrasi pose yoga bantu mengeluarkan gas saat perut terasa kembung (iStock/fizkes)

Tahapan dalam melakukan happy baby pose yang membantu mengeluarkan gas saat perut kembung, pertama, ambil posisi telentang dan angkat lutut 90 derajat. Saat lutut ditekuk, arahkah telapak kaki ke langit-langit dan jika memungkinkan, pegang telapak kaki dengan tangan. Biarkan punggung rileks menempel di lantai saat melakukan pose ini. Untuk menciptakan sedikit ketegangan dan tekanan lembut ke perut, tarik kaki sedikit ke bawah ke arah samping dada.

4. Duduk membungkuk ke depan

Sama seperti pose-pose sebelumnya, pose yoga dengan duduk membungkuk ke depan ini, meregangkan otot punggung dan pinggul sambil memerikan tekanan lembut pada perut. Pose ini membantu mengeluarkan gas saat perut kembung.

pose yoga bantu mengeluarkan gas saat perut terasa kembung
Ilustrasi pose yoga bantu mengeluarkan gas saat perut terasa kembung (Freepik)

Langkah melakukannya, ambil posisi duduk tegak di lantai. Biarkan kaki lurus ke depan tubuh. Ayun-ayun badan ke arah lutut, usahakan punggung tetap lurus. Jika memungkinkan, pegang pisau kaki, atau bagian luar telapak kaki dengan kedua tangan. Upayakan dada di atas lutut tanpa menekuknya.

5. Squat

Squat banyak dilakukan untuk membentuk otot. Tetapi selain itu, gerakan ini juga membantu mengeluarkan gas saat perut terasa kembung. Baik squat berdiri atau squat lebih dalam, memberikan banyak manfaat.

Gerakan ini, optimal dilakukan apabila dimulai dengan mengambil posisi kedua kaki dibuka selebar bahu. Pastikan kaki tetap lurus, lalu tekuk lutut dan dorong ke depan. Badan turun mengikuti, pinggul menekuk, usahakan lutut tidak jatuh di depan jari kaki. Turunkan bokong ke bawah tetapi pastikan ditarik ke belakang jauh, seolah-olah akan duduk di kursi. Gerakan squat bisa dilakukan berulang-ulang agar efektif. Anda bisa menghitungnya berdasarkan repetisi setiap set.

6. Lying twist

Selanjutnya, pose yoga lying twist bagus untuk meregangkan otot punggung bawah yang tegang. Gerakan ini melibatkan twisting atau rotasional. Bisa dilakukan dengan mengambil posisi dari berbaring telentang. Tekuk lutut dan jatuhkan keduanya ke samping kanan. Pastikan kedua tulang belikat tetap menempel pada lantai. Lakukan juga pada sisi kiri dengan gerakan yang sama.

Selain melakukan pose yoga, cara mengeluarkan gas dari perut kembung, yaitu dengan makan makanan berserat tinggi, mengusap perut dari kanan ke kiri, minum banyak air, dan olahraga. Untuk mencegah kondisi ini berulang, kurangi makan makanan tinggi karbohidrat dan hindari minum minuman berkarbonasi. Tips lainnya untuk mencegah perut kembung berulang, saat makan kunyah secara perlahan dengan mulut tertutup. Mungkin perut terasa kembung karena banyak gas terperangkap dari udara yang tertelan saat mengunyah makan.