Bagikan:

JAKARTA - Pada tahun 2023, Dubai menyambut 17,15 juta wisatawan internasional yang bermalam di Dubai, naik 19,4% dibandingkan tahun sebelumnya. Tren positif berlanjut hingga semester pertama 2024 dengan jumlah pengunjung mencapai 9,31 juta orang, atau tumbuh 9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dari total kunjungan tersebut, 10% berasal dari kawasan Asia Timur Laut dan Tenggara. Tercatat pula peningkatan signifikan kunjungan wisatawan asal Indonesia sebesar 5,9%.

Shahab Shayan, Direktur Regional DET untuk Operasi Internasional Asia Pasifik mengatakan “Dubai menyediakan pengalaman budaya, kuliner, dan petualangan. Dengan segala kemudahan akses menuju tempat wisata, kota ini menjadi destinasi persinggahan ideal untuk petualangan spontan dan tak terlupakan. Semuanya dilakukan tanpa perlu perencanaan yang rumit sebelumnya," kata Shahab Shayan dalam acara media luncheon "Dubai: Adventure Around in Every Corner" di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu, 7 Agustus.

Dubai yang memadukan budaya tradisional dan modern menawarkan banyak atraksi bagi wisatawan yang singgah di sana. Bagi yang berjiwa petualang, tersedia safari gurun pasir yang mengajak wisatawan merasakan kehidupan masyarakat UEA di masa lalu.

Pengunjung diajak menjelajah dengan Land Rover antik, lalu merasakan gaya hidup kuno di tenda dengan elang dan unta. Petualangan lainnya adalah menguji adrenalin dengan mencoba Sky Dive atau Sky View dan menjelajahi desa terpencil Hatta.

Penggemar sejarah dan budaya dapat mengunjungi museum dan situs bersejarah Dubai. Salah satu lokasi yang wajib dikunjungi adalah Al Fahidi, kawasan bersejarah dengan rumah-rumah adat. Di kawasan ini juga terdapat rumah Syekh Saeed Al Maktoum, penguasa pertama Dubai.

Dari Al Fahidi, pengunjung dapat menaiki perahu tradisional Dubai yang disebut abra untuk menyeberangi Dubai Creek menuju kawasan Deira.

Ada banyak tempat untuk dijelajahi di sini, termasuk pasar tradisional terkenal seperti Gold Souk dan Spice Souk. Tempat lain yang patut dikunjungi adalah bangunan-bangunan ikonik Dubai, seperti Burj Khalifa, Dubai Fountain, dan Dubai Mall, semuanya terletak di kawasan yang sama.

Simbol baru kota ini adalah Dubai Frame, yang memandang Dubai dari dua sudut pandang, Dubai lama dan Dubai modern.