Bagikan:

YOGYAKARTA - Kegiatan liburan atau rekreasi tidak hanya disukai oleh anak muda, namun juga dibutuhkan oleh orang tua hingga kalangan lansia. Para orang tua membutuhkan liburan untuk refreshing. Terdapat beberapa tempat wisata untuk orang tua di Jakarta yang bisa Anda jadikan tujuan liburan keluarga. 

Sebagai kota paling ramai di Indonesia, Jakarta memiliki banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi. Namun memilih lokasi wisata yang ingin dikunjungi bersama keluarga tentunya tidak bisa sembarangan. Pergi liburan bersama orang tua harus mempertimbangkan kenyamanan dan keamanannya.

Namun nggak usah bingung, sebab ada beberapa tempat wisata keluarga di Jakarta yang cocok dikunjungi weekend dan hari libur. Cek rekomendasi tempat wisata di Jakarta yang nyaman untuk keluarga berikut ini. 

Rekomendasi Tempat Wisata untuk Orang Tua di Jakarta

Berikut ini sejumlah tempat wisata di Jakarta yang cocok untuk semua kalangan, termasuk orang tua dan lansia:

Museum Nasional

Salah satu tempat wisata yang cocok untuk didatangi bersama orang tua adalah Museum Nasional. Ajak orang tua Anda mengunjungi Museum Nasional untuk melihat sejarah. Tempat ini merupakan museum bersejarah yang berdiri sejak abad ke-17.

Museum Nasional menawarkan koleksi yang sangat beragam, mencakup Prasejarah, Arkeologi, Geografi, Sejarah, dan Etnografi. Saat ini, museum ini menyimpan lebih dari 190 ribu koleksi benda bersejarah. Orang tua bisa merasakan sensasi menelusuri sejarah masa lampau, ketika melihat benda seperti replika prasasti, fosil tengkorak, dan lainnya. 

Fauna Land Ancol

Pilihan wisata di Jakarta lainnya yang cocok untuk liburan bersama orang tua adalah Fauna Land Ancol. Destinasi wisata ini menawarkan edukasi tentang satwa yang akan membuat pengunjung betah berlama-lama. 

Tempat wisata ini bisa menjadi penyegaran pikiran bagi orang tua untuk melihat hewan-hewan yang jarang dijumpai. Di sini, mereka dapat mengunjungi pulau burung dan menjelajahi area perairan dengan sampan. Berbagai hewan unik di Fauna Land Ancol juga sangat menggemaskan, seperti keledai mini, landak putih, dan kanguru pohon Papua.

Monumen Nasional 

Monumen Nasional (Monas) juga bisa dipilih sebagai destinasi wisata yang ramah untuk orang tua dan lansia. Ikon Jakarta ini  tidak hanya berfungsi sebagai simbol sejarah, tetapi juga memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. 

Dilengkapi dengan fasilitas lift dan tangga yang memudahkan akses, para orang tua dapat menikmati panorama kota Jakarta dari ketinggian. Area sekitar Monas juga menyediakan bangku-bangku untuk beristirahat, sehingga pengunjung dapat menikmati suasana dengan lebih nyaman.

Pantai Pasir Putih PIK 2

Bagi Anda yang ingin mengajak orang tua menikmati suasana pantai, coba datang ke Pantai Pasir Putih PIK 2. Tempat wisata ini merupakan rekomendasi liburan yang menyenangkan karena memiliki pasir putih yang bersih. 

Selain bermain di pantai, Anda dan keluarga juga bisa bersepeda, jogging, atau menikmati berbagai kuliner di food court serta mendengarkan musik live. Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen di berbagai spot foto yang menarik.

Kota Tua Jakarta

Destinasi wisata lain di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi orang tua adalah Kota Tua Jakarta. Tempat wisata ini menawarkan perjalanan ke masa lalu dengan bangunan bersejarah yang menawan. Area Kota Tua memberikan pengalaman yang unik dan menarik dengan rute yang ramah lansia, serta tempat duduk yang tersedia di sepanjang jalan. 

Taman Langsat

Taman Langsat merupakan ruang hijau di tengah yang menawarkan pengalaman yang tenang di tengah kota. Tempat ini juga dapat dijadikan tujuan untuk liburan bersama orang tua dibalik keramaian Jakarta. 

Tempat ini menjadi lokasi yang ideal untuk piknik atau sekadar menikmati udara segar. Anda bisa menjumpai pepohonan yang rimbun, jalur datar, dan tempat duduk yang nyaman. Selain itu, disini juga rutin digelar acara seni dan budaya yang menambah daya tarik. 

Demikianlah rekomendasi beberapa tempat wisata untuk orang tua di Jakarta yang asyik, nyaman, dan nggak ngebosenin. Meski dikenal sebagai kota yang sibuk, namun terdapat beberapa tempat rekreasi yang menarik untuk liburan orang tua. Baca juga wisata nyaman untuk anak di Jabodetabek.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.