Bagikan:

JAKARTA - Nyeri gusi merupakan masalah mengganggu dan terjadi karena sejumlah alasan seperti menyikat gigi terlalu keras, sariawan, memakai gigi palsu, retainer, atau kawat gigi. Bagi wanita, hal ini dapat disebabkan oleh perubahan hormon, kehamilan, atau menopause, dan dapat terjadi sekitar waktu menstruasi. Di waktu lain, nyeri gusi dapat menjadi tanda masalah kesehatan mulut lebih serius seperti sariawan, radang gusi, atau periodontitis.

Jelajahi pengobatan rumahan ini untuk meredakan nyeri gusi dengan cepat. Pastikan juga mempelajari perbedaan antara kapan Anda dapat mengobati nyeri gusi dengan aman di rumah dan kapan harus menemui dokter gigi.

Kumur air garam

Tambahkan 1 sdt. garam ke dalam satu cangkir air hangat dan aduk rata. Lalu, kumur dan buang air kumuran ke wastafel. Garam akan membantu mencegah pertumbuhan bakteri di mulut Anda dan mengurangi bakteri pada gusi, yang dapat menyebabkan pembengkakan. Bilas mulut dengan air garam hangat setidaknya dua kali sehari hingga pembengkakan mereda.

Kompres

Coba kompres panas atau dingin untuk membantu mengurangi rasa sakit.

Untuk kompres panas:

  • Panaskan air hingga suhu yang dapat ditoleransi (tidak mendidih). Rendam kain bersih dalam air panas, lalu peras kelebihan airnya.
  • Tekan perlahan kain hangat dan lembap ke wajah Anda di dekat area yang mengalami nyeri gusi (bukan langsung ke gusi).

Untuk kompres dingin:

  • Bungkus kompres es dengan kain bersih dan tempelkan dengan cara yang sama seperti di atas.
  • Gunakan salah satu metode hingga rasa sakit Anda mereda, atau bergantian antara panas dan dingin hingga pembengkakan dan peradangan mereda.

Pengobatan herbal

Herbal dan rempah-rempah tertentu dapat dijadikan pengobatan rumahan untuk radang dan nyeri gusi. Bubuk cengkeh dan Spilanthes keduanya merupakan herba analgesik (pereda nyeri). Keduanya telah digunakan sebagai pereda nyeri mulut alternatif sejak lama. Kunyit juga bisa bantu redakan rasa nyeri.

Untuk menggunakan pengobatan ini, campurkan herba bubuk pilihan dengan sedikit air hangat hingga menjadi pasta. Oleskan pasta langsung ke gusi hingga nyeri mereda, lalu bilas mulut dengan air. Oleskan sesering yang dibutuhkan.

Kantong Teh

Ambil satu kantong teh segar dan rendam dalam air mendidih hingga 5 menit, seperti yang biasa Anda lakukan saat membuat teh. Saat kantong teh cukup dingin untuk disentuh, tempelkan langsung ke gusi yang sakit setidaknya selama 5 menit.

Pilih teh mengandung tanin yang bersifat astringen, seperti teh hitam, teh hijau, atau bahkan teh kembang sepatu. Atau pilih teh mengandung herba antiradang — contoh yang populer adalah jahe dan kamomil. Herbal anti radang akan menenangkan, sementara tanin akan menyerap apa pun yang mengiritasi gusi.

Obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri umum dan NSAID, seperti aspirin, asetaminofen (Tylenol), dan ibuprofen (Advil) dapat membantu dalam keadaan darurat. Jika nyeri membandel dan metode topikal di atas (atau yang lain) tidak berhasil, cobalah pilihan ini. Anda dapat menggunakannya sendiri atau sebagai tambahan untuk perawatan rumahan topikal. Untuk jumlah dosis, ikuti petunjuk pada label botol.