Bagikan:

YOGYAKARTA – Kolagen memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Secara umum banyak dipahami dapat menjaga kekencangan kulit. Tetapi lebih jauh, kolagen berperan penting dalam membentuk massa tulang. Kolagen juga dapat membantu meningkatkan kepadatan massa tulang sekaligus bantu cegah osteoporosis.

Kolagen adalah protein yang ditemukan di seluruh tubuh. Kolagen juga mendukung banyak hal. Kolagen hewan, atau disebut peptida kolagen, lebih mudah dicerna dan dipecah menjadi bentuk yang mudah diserap tubuh.

kolagen bantu cegah osteoporosis
Ilustrasi kolagen bantu cegah osteoporosis (Freepik/brgfx)

Osteoporosis, terjadi karena perubahan struktur tulang dan menurunnya kepadatan mineral tulang serta massa tulang. Perubahan ini menyebabkan tulang melemah sehingga meningkatkan risiko patah tulang. Melansir Medical News Today, Minggu, 14 Juli, menurut studi yang meneliti efek peptida kolagen tertentu pada 131 orang pascamenopause dengan kepadatan tulang yang berkurang.

Peneliti mengukur efek mengonsumsi 5 gram peptida kolagen setiap hari selama 15 bulan. Perubahan kepadatan mineral tulang di leher femur, yang merupakan area tempat tulang paha menyatu dengan tulang pinggul dan tulang belakang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peptida kolagen meningkatkan kepadatan mineral tulang dan memperbaiki tulang. Ditandai dengan berkurangnya kehilangan massa tulang dan peningkatan pembentukan tulang. Penelitian lain berskala lebih kecil, menunjukkan bahwa 31 orang pascamenopause sebagai partisipan penelitian ini, mereka mendapatkan asupan 5 gram peptida kolagen selama 4 tahun dan tidak mengalami patah tulang pada periode tersebut.

Pada usia pascamenopause, kemampuan tubuh memproduksi kolagen menurun sekitar 1 hingga 1,5 persen per tahun. Peptida kolagen dapat membantu mineralisasi tulang, yang merupakan proses yang memperkuat dan mengeraskan tulang.

Peptida kolagen juga dapat berdampak positif pada tulang rawan, tendon, dan ligamen, karena peptida dapat merangsang produksi elastin dan jenis kolagen tertentu.

Lantas bagaimana cara aman mengkonsumsi asupak peptida kolagen setiap harinya? Anda dapat mendapatkan kolagen dari sup sapi, babi, dan ikan. Bisa juga dari suplemen namun dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Tepatnya antara 2,5 gram sampai 15 gram.

Namun efek dari pencegahan osteoporosis tergantung pada kondisi tubuh masing-masing orang. Selain mengkonsumsi asupan kolagen dari makanan, disarankan pula mendapatkan kalsium, vitamin D, dan protein. Disarankan pula olahraga teratur, termasuk latihan kekuatan dan ketahanan. Tetapi hindari olahraga yang berdampak tinggi. Ditambah lagi, jalani pola hidup sehat, hindari merokok secara aktif dan pasif, serta rutin medical check-up.